Hari AIDS, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendukung Penderita HIV

Ilustrasi Hari AIDS Sedunia (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Hari AIDS Sedunia kembali dirayakan pada Minggu, 1 Desember 2019. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Communities Make the Difference”.

Berdasarkan laman UNAIDS, masyarakat telah memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi penderita HIV/AIDS. Masyarakat dinilai sebagai sumber kehidupan yang efektif dan pilar dukungan yang penting dari respon AIDS.

Melansir hiv.gov, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu teman atau orang terdekat yang baru saja didiagnosis dengan HIV, antara lain:

1. Berbicara

Bersiaplah untuk melakukan percakapan terbuka dan jujur tentang HIV. Ikuti petunjuk dari orang yang didiagnosis tersebut.

Mereka mungkin tidak selalu ingin membicarakannya atau mungkin tidak siap. Namun, tunjukkan bahwa Anda melihat mereka sebagai orang yang sama.

2. Mendengarkan

Didiagnosis dengan HIV adalah berita yang mengubah hidup. Dengarkan orang mereka dan tawarkan dukungan Anda.

Yakinkan mereka bahwa HIV adalah kondisi kesehatan yang dapat dikelola. Ada obat-obatan yang dapat mengobatinya dan membantu mereka tetap sehat.

3. Belajar

Mencari informasi tentang HIV, seperti apa itu, bagaimana ditularkan, bagaimana perawatannya, dan bagaimana orang akan tetap sehat meski mengidap HIV.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang HIV adalah langkah besar ke depan dalam mendukung mereka.

4. Anjurkan perawatan

Beberapa orang yang baru didiagnosis mungkin merasa sulit untuk mengambil langkah pertama untuk pengobatan HIV. Dukungan dan bantuan Anda mungkin bermanfaat.

Pengobatan HIV harus sesegera mungkin dilakukan setelah didiagnosis. Jika mereka tidak memiliki penyedia layanan HIV, Anda dapat membantu mereka menemukannya.

5. Mendukung agar mereka patuh dalam mengonsumsi obat

Penting bagi orang yang hidup dengan HIV untuk minum obat mereka setiap hari, persis seperti yang ditentukan. Tanyakan pada mereka apa yang dapat Anda lakukan agar mereka menaati jadwal.

Tanyakan juga apakah mereka memiliki kebutuhan lain agar mereka tetap sehat. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *