Ai Ai Dancer Juarai Indonesia Menari 2019 di Medan

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Setelah proses penjurian yang sangat ketat, Sanggar Tari Ai Ai Dancer menjuarai kompetisi Indonesia Menari 2019 di Medan, Minggu (17/11). Mereka berhasil merebut hadiah Rp15 juta setelah bersaing dengan 800 peserta lainnya.

Untuk memenangkan kompetisi, Ai Ai Dancer ternyata tak butuh persiapan panjang. Mereka juga hanya menyiapkan kostum yang dibuat sepekan sebelum kompetisi.

“Senang banget pokoknya. Berkat latihan intens tiga minggu. Kalau untuk kostum kita siapin seminggu,” kata Cindy Soraya Sibarani, salah satu pentolan Ai Ai Dancer.

Kostum yang dipakai Ai Ai Dancer tampaknya menjadi daya tarik tersendiri. Karena mereka menggunakan ulos yang berpadupadan dengan ulos Toba sebagai entitas salah satu etnis di Sumut. Berpadupadan dengan nuansa modern ala millennials.

“Kami juga gak pernah nyangka bisa menang. Karena pesertanya semua bagus-bagus,” katanya.
Indonesia Menari 2019 serentak dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia. Antara lain Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Makassar, Palembang, termasuk Medan.

“Di Medan sangat luar biasa vibe-nya. Jadi ini Kota yang baru. Selain Makassar dan Palembang,” kata Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com disela acara.

Ratusan penari bergoyang secara serentak sebgai pembuka acara. Lobi lantai 1 salah satu mal ternama itu dipakai menjadi panggung. Kostum multietnis para pesertanya membuat pertunjukan semakin apik.
Tarian yang dipertunjukkan begitu keren. Ditambah aransemen musik yang sangat baik membuat pengunjung mal ikut menari.

Renita pun sempat terkejut. Karena rata-rata peserta membuat dan merancang kostumnya sendiri. “Saya sempat random nanya sama peserta. Mereka ternyata bikin kostum sendiri. Bukan menyewa. Animonya sangat luar biasa,” katanya.

Di Kota Medan, Kata Renita, ada total peserta di seluruh Indonesia ada 7.000 penari. Penjurian begitu ketat. Renita sampai mengakui jika Kota Medan termasuk yang paling keren di antara sederet kota yang sudah menggelar Indonesia Menari 2019.

“Kalau lihat dari kostum saya melihat dan membandingkan di Bandung, Medan lebih hebat,” pungkasnya.
Indonesia Menari 2019 rutin digelar setiap tahunnya. Penyelenggara ingin event ini jadi penebus kerinduan kaum muda terhadap tarian tradisional. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *