Hati-Hati, Korban Kecelakaan Jangan Sembarang Dipindahkan

Ilustrasi kecelakaan sepeda motor. [Antara/Eric Ireng]

MEDANHEADLINES.COM – Berdasarkan data, kecelakaan lalu lintas di jalan raya masih didominasi kendaraan roda dua. Namun sayangnya penanganan yang salah saat membantu korban kecelakaan menjadi salah satu faktor yang justru memperburuk keadaan korban.

Lalu bagaimana sebenarnya langkah tepat saat menemui korban kecelakaan. Mengutip RideApart, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pertama pastikan saat hendak menolong tidak dalam keadaan panik. Jadi usahakan tetap tenang dan bisa menjauhkan korban dari berbagai bentuk rasa takut dan panik.

Kedua pastikan wilayah sekitar korban juga aman. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terlalu banyak orang yang masuk ke dalam wilayah kecelakaan yang dapat menghambat proses pertolongan pertama.

Ketiga segera hubungi pihak berwajib dan berikan informasi lengkap kejadian.

Keempat, hindari memindahkan korban dari tempat kecelakaan. Hal ini dikarenakan, korban bisa saja mengalami cedera serius seperti patah tulang atau luka lain seandainya dipindahkan tanpa langkah yang tepat.

Namun jika terpaksa dipindahkan, pastikan dilakukan dengan aman dan ada orang yang memegang bagian kepala agar tetap lurus.

Kelima hindari melepas helm, hal ini dapat memicu cedera tulang leher atau tulang belakang. Jika memang harus memberi nafas buatan, mintalah bantuan orang lain untuk menstabilkan korban ketika melepas helm.

Terakhir bicara pada korban. Cara ini sebenarnya jarang sekali berhasil. Sebab, korban yang sedang dalam keadaan terkapar dan menahan sakit, akan sulit menjawab pertanyaan.

Tapi jika memungkinkan ada baiknya tanya bagian mana yang mengalami luka agar bisa segera ditangani.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *