HMJ Penmas Gelar Kuliah Umum Pendidikan Masyarakat di Era 4.0

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ratusan mahasiswa FIP ikuti Kuliah Umum Pendidikan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat (HMJ Penmas) di Lt. IV Digital Library Unimed (14/10).

Kuliah Umum ini mengangkat tema “Pentingnya pendidikan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia maju dan unggul dalam mengembangkan SDM.” Dengan mengundang narasumber Guru Besar Penmas Unimed Prof. Dr. Yusnadi, M.S. dan Kasi Bidang Pengembangan Sumber Daya BP PAUD dan Dikmas Sumut BPPAUDNI, Irwan Telaumbanua, M.Pd. mewakili kepala BP PAUD Dikmas Sumut.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Restu, M.S., dihadiri oleh Dekan FIP yang diwakili oleh Wakil Dekan I dan II serta Ketua dan sekretaris jurusan beserta dosen Penmas.

Wakil Rektor I Dr. Restu, MS sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ Penmas.

“Kami sangat mengandalkan FIP di Unimed untuk kegiatan-kegiatan pendidikan seperti ini. Kami juga sangat mengapresiasi mahasiswa Penmas yang melaksanakan kuliah umum seperti ini, kegiatan seperti ini yang memang dibutuhkan oleh mahasiswa. Kita harus memiliki kesadaran dalam membangun literasi manusia yang dibentuk sejak dini. Teknologi yang ada kita manfaatkan dan dibeli, namun karakter tidak bisa dibeli. Karakter harus dibentuk sejak awal oleh pendidikan masyarakat dan pendidikan anak usia dini. Kemajuan negara saat ini merupakan proses panjang pendidikan di sekolah sejak 20 tahun lalu. Kita sebagai pendidik harus memperbaikinya, generasi muda harus kita jaga dan disiapkan, sehingga melahirkan masa depan yang lebih baik. Kita juga harus siapkan generasi kepada sistem dan disiplin dengan waktu, karena jika tidak taat, maka kita tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan jaman automatis dan digital seperti saat sekarang ini,” ujar Dr. Restu dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kuliah Umum.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Penmas, Dr. Sudirman, SE., M.Pd. mengatakan kegiatan kuliah umum dilaksanakan oleh Mahasiswa HMJ Penmas dan ikuti oleh seluruh mahasiswa Penmas dan PAUD, juga sebagian dari mahasiswa PGSD dan Bimbingan Konseling. Kuliah Umum ini menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya.

” Bahwa jurusan PLS sesuai KEPMEN No. 57 tahun 2019 telah berubah menjadi PNF atau Penmas. Fokus Penmas Unimed kedepan diantaranya adalah mengenalkan tentang pentingnya literasi manusia, literasi IT dan literasi data di masyarakat. Dengan adanya kuliah umum ini menjadi awal bagi Penmas untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada Mahasiswa FIP dalam mengembangkan SDM.” ungkapnya

Sementara itu, ketua HMJ Penmas Sahman Batubara mengatakan HMJ terus berusaha melakukan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pendidikan masyarakat, dan terus menerima masukan kritik dan saran teruma dari jurusan dan para dosen pendidikan masyarakat.

” Semoga kegiatan-kegiatan akademik seperti ini terus berlanjut dan dikembangkan sehingga meningkatkan nilai akreditasi jurusan dan meningkatkan mutu kualitas mahasiswa Penmas.” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *