Ragam  

Baret Kaca di Mobil ? Ini Tips Jitu Menghilangkannya

Ilustrasi membersihkan kaca mobil. [Shutterstock]

MEDANHEADLINES.COM – Kaca mobil adalah salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan, terlebih bila ada goresan yang bisa mengganggu penglihatan pengemudi ketika berkendara. Salah satu faktor penyebab terjadinya baret pada kaca mobil adalah wiper.

Terkadang saat menyalakan wiper untuk membersihkan debu atau pasir, banyak orang lupa untuk membasahi kaca menggunakan washer sehingga membuat debu atau kotoran yang menempel menyebabkan baret atau goresan.

Lalu bagaimana solusi untuk menghilangkan baret di kaca?

Disitat dari laman Suzuki Indonesia, baret pada kaca bisa dihilangkan cara mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Caranya dengan menggunakan kompon mobil. Namun perlu dicatat baret yang dimaksud adalah yang tergolong ringan saja.Pertama

oleskan kompon pada bagian kaca mobil yang baret, kemudian digosok secara perlahan memakai kain lembut.

Satu hal yang harus diingat, penggunaan kompon ini ada kekurangannya. Karena terbuat dari oil based maka bisa menyebabkan kaca menjadi buram ketika terkena air hujan. Namun hal ini cuma akan berlangsung beberapa hari saja, dan setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening.

Selain itu, bisa menggunakan Cerium Oxide atau bubuk poles yang berfungsi membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengilap.

Bubuk poles ini juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil. Caranya, bersihkan bagian kaca mobil yang baret dari debu dan kotoran lain, lalu amplas kaca sampai lapisannya menjadi rata.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengaplikasikannya adalah: pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan ketika proses pengamplasan kaca. Setelahnya, bersihkan kaca dan tunggu sampai kondisi kaca mengering.

Selanjutnya adalah pembuatan adonan poles kaca yang terdiri dari Cerium Oxide yang sudah dicampur air hingga tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya diberi alas koran terlebih dahulu, supaya tidak terkena campuran ini.

Setelahnya, poles kaca yang baret memakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Gosokkan dengan cara sedikit ditekan supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan, lalu bersihkan sisa cairan poles ini dengan kain lembut dan bersih. Selamat mencoba. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.