Medan  

Akhyar Ajak Orang Tua Penuhi Hak Anak

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ratusan anak-anak mengikuti Jambore Anak Inklusi Kota Medan yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan di Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan, Minggu (8/9). Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional juga dirangkaikan dengan Puncak Penganugrahan Festival Film dan Teater Anak 2019.

Sebelum acarta dimulai, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi yang hadir dalam acara itu, lebih dulu memberikan penganugrahan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Anak 2019 yang terpilih selama 3 hari pelaksanaan Jambore Anak berlangsung.

Sejak 6-8 September, sebanyak 350 anak yang berasal dari Forum Anak Kecamatan, Forum Anak Kota Medan serta Lembaga Pemerhati Anak telah berkumpul di Taman Cadika Pramuka untuk mengikuti Jambore Anak. Menurut Kepala Badan P3APM Khairunisa, selain registrasi, hari pertama juga diisi dengan festival seni budaya dan malam keakraban. Di hari kedua dilanjutkan dengan Festival Film Anak dan Festival Teater Anak.

Sedangkan hari ketiga lanjut Khairunisa, diisi dengan lomba menyanyi lagu anak serta lomba mewarnai TK PAUD yang diikuti anak-anak dari PAUD Kecamatan serta Lembaga Pemerhati Anak diantaranya PKPA, KKSP dan SOS.

“Melalui rangkaian kegiatan yang digelar dalam Jambore Anak, diharapkan anak-anak akan tumbuh sehat, kreatif serta berahlak mulia sehingga berguna bagi bangsa dan negara, khususnya mengisi pembangunan di Kota Medan,” kata Khairunisa didampingi Camat Medan Johor Zul F Ahmady.

Sekaitan itulah Wakil Wali Kota mengajak semua yang hadir, khususnya para orang tua untuk memenuhi hak anak dengan penuh tanggung jawab. “Insya Allah anak- kita kelak tumbuh menjadi insan yang memiliki mental yang tangguh, cerdas dan kompetitif. Kemudian berkepribadian luhur, santun, jujur serta berahlak mulia,” kata Wakil Wali Kota.

Di samping itu tambah Wakil Wali Kota lagi, para orang tua diingatkannya juga harus pro aktif dalam memberikan bimbingan kepada sang anak agar menghormati guru dan pemimpin-pemimpinnya, sayang kepada orang tua dan lingkungan sehingga nantinya dapat Mencintai bangsa dan tanah air.

Selanjutnya Wali Kota lebih jauh menjelaskan, Pemko Medan bertekad dan memprioritaskan Kota Medan menjadi Kota Layak Anak (KLA). Kemudian memfasilitasi berbagai kegiatan untuk penguatan dan ruang partisipasi anak. Adapun upaya yang telah dilakukan Pemko Medan, jelasnya, membangun komitmen dalam meningkatkan perlindungan anak serta memenuhi hak-hak anak dengan mengupayakwn akte kelahiran gratis.

“Di samping itu Pemko Medan juga akan memingkatkan fasilitas-fasilitas seperti ruang khusus bagi anak-anak di rumah sakit, menyediakan ruang bermain di sejumlah taman serta ruang baca di perpustakaan serta fasilitas lainnya,” ungkapnya.

Di penghujung arahannya, Wakil Wali Kota berharap agar kegiatan yang digelar ini dapat bermanfaat dalam mengasah pengetahuan dan ketrampilan anak sehingga ke depannya keinginan untuk menjadikan Medan sebagai Kota Layak Anak dapat terwujud.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.