Sembelih Sendiri Sapi Kurbannya, Anies Baswedan : Meneruskan Tradisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih menyembeli sapi kurbannya sendiri di dekat rumahnya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019). (Foto dok. instagram Anies)

MEDANHEADLINES.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih menyembeli sapi kurbannya sendiri di dekat rumahnya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019). Anies terlihat mahir menyembelih hewan kurban karena sudah tradisi keluarganya.

Anies bercerita bisa menyembelih hewan kurban karena sejak kecil dirinya melihat sang ayah menyembelih hewa kurbannya sendiri. Dia berharap tradisi ini turun ke anaknya ketika dewasa kelak.

“Dulu Ayah juga begitu. Jadi saya nerusin kebiasaan. Dan anak-anak saya biar lihat. Mereka tentu belum melakukan sekarang. Tapi seperti saya menyaksikan Ayah saya dulu memotong kambing kurbannya sendiri, sekarang saya pun yang saya potong adalah kurban saya sendiri,” kata Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

“Mudah-mudahan nanti InsyaAllah anak-anak meneruskan tradisi itu,” Anies menambahkan.

Mantan Mendikbud itu mengungkapkan pengalaman pertamanya memotong hewan kurban sendiri di Gunung Kidul, DI Yogyakarta ketika duduk di SMA kelas II.

“Saya pertama kali motong ketika saya di Yogyakarta, pada masa SMA, itu kita banyak menyelenggarakan kurban di desa-desa. Jadi pengalaman pertama saya ketika SMA, kelas II di Gunungkidul,” ucapnya.

Kebiasaan itu terus dilanjutkan ketika dirinya kuliah dan hingga kini menjadi orang nomor satu di Ibu Kota.

“Dan sesudah itu selalu diikhtiarkan kalau secara waktu memungkinkan saya akan potong sendiri,” tutup Anies.

Diketahui, sapi yang disembelih Anies hari ini berjenis sapi limosin seberat 1,2 ton usai menunaikan salat Idul Adha di Balai Kota DKI Jakarta.

Sapi itu akan diserahkan kepada panitia kurban Lebak Bulus dan kemudian daging kurbannya akan dibagikan ke masyarakat.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *