Ragam  

Meskipun Kecil, Ini Dia Nutrisi Penting Yang Terkandung Di Kuaci

Kuaci 

MEDANHEADLINES.COM – Kuaci, makanan yang menjadi jajanan favorit masa kecil ini ternyata mengandung nutrisi penting bagi tubuh, walau bentuknya amat kecil.

Melansir Time.com, satu ons biji bunga matahari, atau sekitar 4 sendok makan, sangat tinggi lemak sehat. Satu porsi ini menghasilkan 14 gram kemak dengan campuran lemak jenuh tak tunggal dan tak jenuh ganda.

“Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” tutur pakar diet, Alissa Rumsey.

Satu porsi biji juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat.

“Lemak, serat, dan protein memainkan peran penting dalam rasa kenyang, perasaan kenyang,” kata Rumsey.

Biji ini juga sarat dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E (yang memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung), folat (penting untuk sintesis DNA).

Tak hanya itu, kuaci juga mengandung fosfor, selenium (antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel), mangan, tembaga, B6 (baik untuk perkembangan dan fungsi kognitif) dan seng (penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan), kata ahli diet Maxine Yeung.

Biji bunga matahari terutama kaya akan magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda.

“Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar Brian St Pierre.

“Ini juga merupakan komponen vital tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot kita,” sambungnya.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.