Makanan Yang Dihindari Untuk Mencegah Asam Lambung Kambuh Saat Lebaran

Cegah asam lambung kambuh saat lebaran. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Hari Raya Idul Fitri merupakan momen bersilaturahmi bersama keluarga dan handai taulan. Sajian hidangan berbagai rupa pun hadir di meja makan untuk dinikmati bersama.

Namun bagi pengidap penyakit asam lambung alias GERD, sajian makanan yang tersedia tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Sebabnya, ada beberapa makanan yang diketahui bisa menyebabkan penyakit asam lambung untuk kambuh.

Apa saja? Dirangkum dari Healthline, berikut makanan-makanan yang sebaiknya dihindari saat lebaran, untuk mencegah kambuhnya penyakit asam lambung:

1. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak menyebabkan katup lambung rileks, sehingga kemungkinan naiknya asam lambung ke kerongkongan lebih besar, dan menimbulkan gejala heartburn.

Makanan tinggi lemak ini termasuk, daging merah, makanan turunan susu, keju, mentega, hingga gorengan.

2. Buah dengan rasa asam

Buah-buahan penting bagi kesehatan. Namun beberapa buah dengan rasa asam sebaiknya dihindari pengidap penyakit asam lambung lho.

Beberapa buah dengan rasa asam antara lain lemon, jeruk nipis, nanas, dan tomat.

3. Makanan-makanan pedas

Cita rasa pedas hadir di sejumlah masakan khas daerah-derah di Indonesia. Makanan-makanan pedas ini bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat, dan menyebabkan heartburn.

Sebaiknya, hindari makanan-makanan pedas saat lebaran, termasuk makanan yang mengandung bawang putih dan bawang merah yang bisa menyebabkan mual.

4. Kopi dan cokelat

Siapa sih yang tidak menyukai kopi dan cokelat? Sayangnya, pengidap asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi dua jenis makanan ini terlalu banyak.

Cokelat mengandung zat bernama methylxanthine, yang bisa membuat katup lambung rileks dan meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan. Sementara kafein pada kopi diketahui bisa membuat produksi asam lambung meningkat.

Itulah makanan-makanan yang sebaiknya dihindari pasien penyakit asam lambung saat lebaran.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *