Astronom Belanda Sukses Rekam Penampakan Satelit Starlink Saat Melintas

Ilustrasi satelit SpaceX. [Shutterstock]

MEDANHEALDINES.COM – SpaceX sebelumnya telah berhasil meluncurkan 60 satelit Starlink ke orbit sekitar Bumi. Saat diluncurkan, seorang astronom amatir asal Belanda berhasil mengabadikannya dalam sebuah video dan mempublikasikannya melalui blog pribadinya.

Bernama Dr. Marco Langbroek, astronom tersebut menghitung di mana satelit akan mengorbit seraya menunggu dengan kameranya. Hasilnya, ia mendapatkan rangkaian titik-titik terang yang melintasi langit.

Dilansir dari The Verge, Langbroek merekam momen ketika satelit SpaceX melintasi langit dengan kamera pengintai tingkat cahaya rendah WATEC 902H yang dipadu padankan dengan lensa Canon FD 1.8/50mm.

Tercatat setidaknya ada 56 objek berbeda dan rangkaian satelit tersebut terekam dengan membuat dua hingga tiga lintasan setiap malam, kemudian akhirnya akan menyebar ke orbit tujuan. Rangkaian satelit tersebut diluncurkan ke ketinggian 440 km dengan orbit miring 53 derajat.

Dilaporkan bahwa peluncuran satelit SpaceX pada awal pekan ini merupakan yang pertama dari sekian banyak satelit yang nantinya akan meluncurkan hampir 12 ribu unit ke orbit di tahun berikutnya. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *