Polda : Tersangka Kasus Dugaan Makar Bisa Bertamabah

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Direktur Ditreskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian mengatakan Jumlah tersangka kasus dugaan makar yang saat ini tengah ditangani Polda Sumut masih bisa bertambah

Hal ini mengingat penyidik yang menduga perbuatan makar tersebut dilakukan lebih dari dua orang.

“Dari hasil pengembangan penyidikan, kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah lagi. Kasus dugaan makar ini berangkat dari penetapan 2 tersangka, yakni Wakil ketua GNPF Sumut Rafdinal dan Sekertaris GNPF Zulkarnain,” ucap Andi Rian, Kamis (30/5/2019).

Dikatakannya, Saat ini Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memang sudah menetapkan sebanyak 2 orang tersangka dalam kasus ini, dalam penyelidikan sementara polisi juga menemukan benang merah antara peristiwa di Sumut dengan yang ada di Jakarta.

Dugaan perbuatan makar yang terjadi di Medan, sebutnya juga erat kaitannya dengan pemungutan suara 17 April 2019, yang dilakukan sekelompok orang dengan cara demonstrasi.

“Dimana terjadi penghasutan, sehingga terakhir demo di DPRD Jum’at (24/5/2019), semacam chaos atau tindakan anarkis. Makanya dalam penanganan (kasus ini) sendiri kita tetapkan pasal 107 dan 110 KUHP. (Karena) niatnya untuk melakukan atau membuat suatu ancaman ke pemerintahan yang sah atau yang sering kita sebut makar,” paparnya.

Andi Juga mengatakan, Dalam kasus dugaan makar ini, pihaknya juga sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah tokoh GNPF, GNKR dan masyarakat yang terduga terlibat dalam kasus tersebut.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *