Ini Waktu Terbaik Untuk Mandi Menurut Para Ahli

Ilustrasi mandi (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Mandi tentu sudah menjadi bagian dari rutinitas yang akan sulit ditinggalkan apabila sudah menjadi kebiasaan. Apalagi jika mempunyai aturan untuk waktu-waktu tertentu.

Misalnya, beberapa orang akan mandi pagi saat subuh, sedangkan yang lain akan mandi pagi tepat sebelum pergi kerja atau sekolah. Semua ini memang tergantung pada kebiasaan.

Tapi, ternyata ada alasan mengapa kita memiliki waktu tertentu untuk mandi berdasarkan penelitian. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Bustle.com.

1. Pagi hari: jika Anda ingin bercukur

Bagi Anda yang rutin mencukur bulu kaki setiap beberapa bulan sekali, seharusnya melakukan hal ini saat mandi pagi.
Menurut National Center for Biotechnology Information, ada peningkatan trombosit pembeku darah dari jam 6 hingga jam 9 pagi.
Jadi, ketika Anda bercukur pada jam-jam ini, kemungkinan untuk terluka sangat kecil.

2. Pagi hari: ketika ingin mengatasi masalah secara kreatif

Jika Anda sedang dalam masalah atau membutuhkan pemikiran kreatif, mandilah pada periode inkubasi.
Saat periode ini, proses bawah sadar membantu pemikiran kretif.

Tapi, menurut seorang psikolog Shelly Carson, Ph.D, mandi di pagi hari adalah awal yang bagus untuk memulai kekreatifan itu.

3. Malam hari: ketika sulit tidur

Jika sulit tidur, mandi di malam hari, sesaat sebelum tidur, dapat membantu Anda mengantuk lebih cepat dan efektif.

Menurut National Center for Biotechnology Information, penurunan suhu tubuh yang dihasilkan setelah mandi air hangat meniru pengaturan termal alami tubuh dalam hal tidur, karena tidur paling konduktif adalah saat dalam fase suhu minimum dari ritme sirkadian tubuh Anda.

Mendinginkan diri dari mandi air hangat secara alami membuat Anda mengantuk, dan mungkin memiliki relevansi klinis bagi orang-orang yang menderita insomnia.

4. Malam hari: jika Anda mempunyai kulit berminyak

Menurut Bethanee Schlosser , MD, Ph.D, asisten profesor dermatologi dan direktur Program Kesehatan Kulit Wanita untuk Pengobatan Northwestern, produksi minyak wajah Anda memuncak pada sekitar jam 1 siang , jadi mandi malam hari benar-benar dapat membantu mencegah jerawat.

Membersihkan kulit wajah Anda di pengujung hari menghilangkan minyak tersebut, serta polutan dan residu yang menumpuk seharian. (Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *