Ini Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Ilustrasi daun binahong. (Instagram/kebunnyabinarbumi)

MEDANHEADLINES.COM – Daun binahong mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Namun, tahukah kamu ternyata daun binahong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan?

Wujud tanaman ini memiliki batang daun yang pendek dan bentuk daun yang menyerupai simbol love atau cinta. Sebagian orang mungkin menganggapnya hanya sebuah tanaman biasa untuk menghiasi halaman rumah, nyatanya daun binahong ini bisa saja dimakan karena memiliki banyak manfaat.

Dilansir HiMedik dari steemit.com, orang Korea menggunakan daun binahong ini sebagai obat tradisional. Begitu pula di Afrika, orang-orang juga memanfaatkan daun binahong untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.
Apalagi semua bagian dari tanaman binahong ini memiliki manfaat masing-masing. Mulai daunnya yang memiliki banyak kandungan baik guna menyembuhkan sejumlah penyakit.
Salah satu kandungan yang berguna di dalam daun binahong, yakni saponin. Senyawa aktif yang mampu menghasilkan zat pelindung tubuh, yakni zat antibakteri, antimikroba dan antivirus.

Saponin juga berfungsi sebagai pembersih tubuh untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun binahong juga mengandung minyak esensial yang bermanfaat sebagai antiseptik dari dalam maupun luar tubuh.

Selain tu, binahong juga mengandung alkaloid, asam askorbat, antioksidan, asam oleanolic dan masih banyak zat lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun beberapa manfaat mengonsumsi daun binahong untuk kesehatan, yakni:

1. Mencegah diabetes dan kencing manis

Daun binahong yang memiliki kandungan alkaloid bersifat hipoglikemik inilah yang membantu menurunkan kadar gula darah.

Kandungan alkaloid di daun binahong juga mengontrol agar kadar gula darah penderita diabetes tetap stabil.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan akaloid dalam daun binahong juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *