Beri Pemahaman Informasi Iklim Bagi Nelayan, BMKG Gelar SLN di Tapteng

MEDANHEADLINES.COM, Tapteng – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kelas ll FL Tobing menggelar acara Sekolah Lapang Nelayan (SLN) Tahun 2019 bagi nelayan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Kamis (2/5).

Acara yang dilaksanakan di Hotel PIA Pandan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman nelayan terhadap informasi cuaca dan iklim di bidang kelautan.

“Sekolah lapang nelayan ini merupakan kegiatan yang terkait dengan pemanfaatan data dan informasi BMKG untuk para nelayan,” kata Kepala Meteorologi Publik BMKG Pusat, Fachri.

Melihat kondisi iklim yang sangat beragam menjadi tantangan utama dalam pengelolaan di berbagai sektor. Untuk itu, kata Fachri perlu meningkatkan perhatian beberapa kalangan termasuk di sektor kelautan dan perikanan.

“Memang sangat perlu dilakukan upaya pendekatan guna mengantisipasi atau mengatasi masalah iklim,” terangnya.

Dia menjelaskan, acara tersebut juga diselenggarakan agar pemanfaatan info BMKG, khususnya data iklim dan cuaca dipergunakan dengan optimal untuk upaya keselamatan.

Selain itu, kata Fachri acara tersebut juga bertujuan agar di masa mendatang data dan informasi BMKG dimanfaatkan lebih optimal untuk peningkatan hasil tangkapan nelayan dan petani tambak ikan.

“Saat ini ada 25 peserta yang ikut pada acara SLN, dan semoga mereka bisa menjadi duta kami untuk menyampaikan informasi kepada kelompok nelayan yang telah dibentuk,” katanya. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *