Medan  

Resmikan Pasar Kampung Lalang, Ini Pesan Sekda Pada Pedagang

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Wiriya Alrahman, MM meresmikan gedung baru Pasar Kampung Lalang. Setelah sebelumnya pembangunan fisik dan renovasi Pasar Kampung Lalang telah usai dan para pedagang melakukan juga telah melakukan pengundian untuk menentukan kios tempat mereka berjualan.

“Dengan dibukanya Pasar Kampung Lalang ini diharapkan dapat menjadi pasar yang representatif bagi warga Kota Medan dalam melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok sehari-hari,” hal ini disampaikan Sekda saat memberika kata sambutan dalam acara Peresmian Pasar Kampung Lalang, Sabtu (27/4).

Lebih lanjut Sekda mengatakan, Pemko Medan akan terus berkomitmen Menjadikan pasar yang layak, sehat bagipedagang maupun bagi konsumen yang akan datang. Semakin baik pasar, maka konsumen pun akan semakin nyaman untuk datang, sehingga ekonomi para pedagang akan semakin baik.

“Kalau transaksi ekonomi semakin banyak, perekonomian pedagang juga semakin bangkit atau meningkat. Harapan kami dengan adanya fasilitas pasar disebelah barat Kota Medan ini merupakan gambaran bahwa Kota Medan serius untuk membenahi ataupun menyediakan fasilitas-fasilitas perdagangan,” ujarnya.

Kemudian, Sekda juga melihat bahwa Pasar Kampung Lalang ini sudah baik dan layak untuk pedagang kering maupun pedagang basah,selebihnya Sekda mengharapkan semua pihak menjaga kualitas pasar agar tetap terjaga baik dari segi kebersihan dan lain sebagainya.

“Jangan sampai nanti di awal baik kemudian makin lama samapah ada dimana-mana, perawatan tidak ada. Oleh karena itu makaharapan kami, mari sama-sama para pedagang, perusahaan pasar saling menjaga supaya kondisi pasar ini terus terjaga dengan baik,” ajaknya.

Selanjutnya, Sekda juga menghimbau kepada para pedagang yang masih berjualan di luar area pasar agar segera masuk, sehingga kawasan sekitar pasar tidak kumuh dan konsumen semakin nyaman berbelanja di pasar ini. Imbauan yang sama, juga Sekda lontarkan kepada Dirut PD Pasar Kota Medan beserta jajaran agar dapat memberikan pendekatan persuasif untuk mengajak pedagang yang berada diluar untuk masuk ke dalam pasar.

“ Jadi tadi kami sudah lihat, pedangang yang berada diluar itu faktanya adalah pedagang yang tidak mendapatkan kios di pasar ini. Saya menghimbau kepada para pedagang yang sudah berada didalam pasar himbaulah teman-temannya untuk segera masuk kedalam pasar karena percuma jika pasar sudah bagus tetapi lingkungan sekitarnya kumuh itu juga tidak baik, konsumen juga akan malas datang. Kami minta kepada dirut pasar betul-betul menyuruh melalui pendekatan persuasif kepada para pedagang yang berada diluar untuk masuk kedalam pasar, semakin banyak berkumpul para pedangang semakin banyak pula konsumen yang datang,” imbaunya.

Sebelumnya Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya menceritakan bahwa bangunan pasar ini awalnya harus di robohkan karena mesti di revitalisasi, sempat adanya penolakan dari pedagang namun setelah berdiskusi dengan para pedagang akhirnya mereka menerima.

“Awalnya sempat di tolak oleh pedagang, namun kita jelaskan ke pedagang bahwa akan di revitalisasi dengan menggunakan dana dari Pemko Medan akhirnya para pedagang dapat menerimanya.”jelas Rusdi.

Selain itu Rusdi juga berharap agar para pedagang yang telah menempati bangunan pasar ini dapat merawat pasar dengan baik, jangan dibiarkan kotor dan tidak teratur seperti sebelumnya.

“Mari kita semua masuk ke dalam pasar supaya kita semua tertib berjualan, saya harap kita semua menjaga pasar ini dengan baik jangan sampai dibiarkan kotor dan tidak teratur.”harap Rusdi.

Syukuran ini sendiri ditandai dengan pemotongan tumpeng kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Sekda Kota Medan. Usai menggunting pita, Sekda bersama Dirut PD Pasar dan Dewan Pengawas PD Pasar langsung meninjau bangunan pasar dan menyempatkan berbincang dengan para pedagang yang telah menempati pasar ini.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.