Serahkan Laporan Keuangan Pemko Medan Ke BPK, Wali Kota : Alhamdulilah Tepat Waktu

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Laporan Keuangan Pemko Medan Tahun Anggaran 2018 secara resmi diserahkan oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatra Utara di Kantor BPK Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (27/3).

Dalam laporan keuangan yang diterima langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Dra Ambar Wahyuni MM itu tedapat 10 dokumen yang menjadi isi laporan yakni surat pernyataan tanggung jawab dari kepala daerah, jumlah neraca, laporan realisasi anggaran (LRA) dan laporan arus kas.

Selanjutnya terdapat juga laporan operasional, laporan perubahan saldo anggaran lebih (SAL), laporan perubahan ekuitas, catatan atas laporan keuangan (CaLK), laporan hasil reviu inspektorat serta laporan keuangan badan usaha milik daerah.

Usai penyerahan berkas laporan keuangan, Wali Kota bersama Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumut kemudian menandatangani berita acara penyerahan laporan keuangan disaksikan Sekda Kota Medan Ir Wirya Al Rahman MM, Kepala Inspektorat Setda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay beserta sejumlah auditor di lingkungan BPK Perwakilan Sumut.

Wali Kota mengaku sangat gembira usai menyerahkan laporan keuangan tersebut, sebab penyerahannya dilakukan tepat waktu. ‘’Alhamdulillah, kita dapat menyerahkan laporan keuangan ini dengan tepat waktu. Tentunya ini menjadi satu kebanggaan bagi Pemko Medan,” kata Wali Kota.

Selain itu tambah Wali Kota lagi, selama proses penyelesaian laporan keuangan, pihaknya semaksimal mungkin menghindari kesalahan dengan mengikuti segala petunjuk dan arahan yang disampaikan BPK. Dengan demikian dapat menghindari sekaligus meminimalisir terjadinya kekeliruan maupun kesalahan.

‘’Selama proses penyelesaian laporan keuangan, seluruh OPD terkait di lingkungan Pemko Medan senantiasa menjadikan petunjuk dan arahan dari BPK sebagai pedoman. Untuk itu kami meyakini laporan keuangan yang kami serahkan ini jauh lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

Untuk laporan keuangan selanjutnya, Wali Kota mengatakan pihaknya beserta seluruh jajaran juga akan menyelesaikannya tepat waktu. Oleh karenanya Wali Kota berharap agar BPK Sumut dapat terus memberikan bim,bingan dan arahan sehingga laporan keuangan Pemko Medan akan semakin lebih baik lagi ke depannya.

‘’Insya Allah, kami akan menyelesaikan laporan keuangan ke depannya tepat waktu. Mudah-mudahan tidak dijumpai kendala berarti saat proses penyelesaian laporan keuangan selanjutnya. Kepada BPK, kami juga mengucapkan terima kasih karena tetap memberikan pendampingan kepada Pemko Medan terkait pengelolaan keuangan,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Sumut Dra Ambar Wahyuni MM mengapresiasi diserahkannya laporan keuangan Pemko Medan Tahun Anggaran 2018. ‘’Kami mengapresiasi dan mengaku senang atas diserahkannya laporan keuangan Pemko Medan tahun anggaran 2018 secara tepat waktu. Ini juga menjadi sebuah prestasi, semoga bisa dipertahankan dan berlanjut hingga laporan berikutnya,’’ kata Ambar.

Selain itu Ambar berharap Pemko Medan kembali meraih predikat penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP). ‘’Pemko Medan termasuk good government, saya bangga. Semoga Pemko Medan kembali memndapatkan predikat WTP. Untuk itu kami \siap melakukan pendampingan dan memberikan informasi yang dibutuhkan Pemko Medan. Kapanpun kami siap untuk melayani,’’ imbuhnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *