Jual Kulit harimau, IS Diringkus Personil Ditreskrimsus Polda

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Seorang pria berinisial IS diringkus personil Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut dirumahnya yang berada di Dusun Pantai Gadung, Desa Bukit Mas, Kecamtan Besitang, Kabupaten Langkat, Minggu (27/1/2019)

” IS ditangkap karena tertangkap tangan menjual kulit harimau Sumatera (Phantera Tigris Sumatrae),” Ungkap Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, Kamis (31/1/2019).

Rony mengatakan peristiwa penangkapan ini bermula saat pihaknya menerima informasi dari masyarakat yang menyatakan adanya warga yang menjual kulit harimau. sehingga pihaknya kemudian melakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut

‘Petugas berhasil berkomunikasi dengan pelaku menyamar sebagai pembeli. Lalu saat transaksi dengan yang bersangkutan. Lalu, kami melakukan penangkapan terhadap IS,” kata Rony.

Saat rumah pelaku digeledah, petugas juga menemukan kulit Harimau Dahan yang merupakan Satwa dilindungi, masih dalam keadaan utuh

” Saat dilakukan penangkapan ditemukan kulit harimau Sumatera utuh yang akan dijual tersangak seharga Rp 17 juta,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan dari petugas, IS mendapatkan kulit harimau dari H dan R yang berdomisili di Kuala Simpang dan Langkat. Saat ini kedua orang tersebut sedang dalam pengejaran pihak kepolisian.

“Pelaku mengaku belum lama menjalankan bisnis ini. Pengakuan sementara tersangka hanya menjual kulit harimau. Tersangka menerima kulit harimu dari pemburu,” ungkap Rony.

Selanjutnya, 1 lembar kulit harimau Sumatera dan 1 lembar kulit macan dahan tersebut disita dan diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *