Medan  

Haslan Madli Tambunan : Anak Muda Masih Sulit Dapatkan Lapangan Kerja

MEDANHEADLINES.COM, Medan –  Persoalan pengangguran masih menjadi topik hangat di tengah masyarakat. Sulitnya mendapatkan pekerjaan kerap dialami para anak muda, kendati telah mengantongi status pendidikan tinggi. Ujung-ujungnya, tamat dari dunia pendidikan menjadi pengangguran.

Topik hangat itu menguap saat Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil III Kota Medan, Haslan Madli Tambunan berdiskusi dengan salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Medan Timur, Koko alias Bang Doel, Kamis malam (11/1/2019).

Menurut pria bertubuh tambun ini, lapangan kerja buat para pemuda saat ini sangat sulit didapat. “Banyak anak muda di kampung kita (Kecamatan Medan Timur) yang masih berstatus pengangguran, belum mendapat kerjaan tetap,” kata Bang Doel.

Ia khawatir, ketiadaan lapangan kerja bagi para pemuda membuat prilaku penerus bangsa tersebut bakal menyimpang. “Khawatir kita jika tidak ada aktivitas bagi para pemuda, akan terjerat yang namanya narkoba, baik itu sebagai pemakai atau bisa saja menjadi pengedar,” ucap Bang Doel.

Tokoh pemuda Kecamatan Medan Timur yang berdomisili di Jalan Pembangunan II ini berpesan kepada Caleg PSI DPRD Kota Medan, Haslan Madli Tambunan, untuk dapat memperjuangkan aspirasi para pemuda untuk memperoleh lapangan pekerjaan yang layak.

“Kita berharap terciptanya lapangan kerja bagi para pemuda di sekitar Kecamatan Medan Timur, agar dapat melanjutkan kehidupan keluarganya,” kata Bang Doel.

Sementara itu, Caleg PSI Dapil III Kota Medan, Haslan Madli Tambunan mengatakan, persoalan pengangguran akan menjadi prioritas kerjanya jika terpilih menjadi perwakilan masyarakat di DPRD Kota Medan.

Miris memang, kata Caleg PSI, sulitnya mendapatkan kerja saat ini. Karena para pemuda dituntut harus mempunyai skill lebih di zaman digitalitalisasi. “Sekarang ini era digital, yang menuntut kita sebagai anak muda harus melek yang namanya teknologi,” ujarnya.

Mau tak mau, para pemuda harus memanfaatkan yang namanya teknologi untuk menjadi sumber pendapatan alternatif. Seperti halnya memanfaatkan layanan internet. “Salah satunya youtube, kini banyak para youtuber dari kalangan anak muda yang telah memperoleh penghasilan sampingan. Sarana internet itu dapat menjadi pilihan bagi para pemuda, dengan menyajikan konten-konten yang menarik yang ada di sekitar Kecamatan Medan Timur,” ujarnya.

Haslan berkeinginan, untuk membekali skill anak-anak muda dengan yang namanya teknologi. “Saya selain berprofesi jurnalis, juga bisa lah mengoperasikan yang namanya desain grafis atau layout, yang dapat ditularkan kepada para anak muda. Insha Allah, cita-cita yang diimpikan ini dapat terwujud jika kelak menjadi perwakilan anak muda di parlemen Kota Medan, dengan mendirikan sebuah lembaga pelatihan khusus bagi para anak muda. Kita akan coba perjuangan aspirasi para kaum milenial,” katanya.

Caleg PSI bernomor urut 5 ini berharap doa dari masyarakat Dapil III Kota Medan untuk wilayah Kecamatan Medan Timur, Medan Perjuangan dan Kecamatan Tembung, bertarung di Pileg 2019. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.