Amankan Natal Dan Tahun Baru, Polrestabes Medan Siapkan 13 Titik Pos Pengamanan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Polrestabes Medan Akan menyiapkan 13 titik pos pengamanan (Pospam) di wilayah hukumnya dalam rangka memberikan keamanan bagi warga Medan selama Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Hal ini diungkapkan Kapolrestabes Medan melalui Kabag Ops AKBP Romadhoni S terkait upaya yang akan dilakukan Polrestabes Medan saat menggelar rapat kordinasi bersama Pemko Medan dan Forkopimda yang digelar di D’Heritage Hotel Grand Aston City Hall, Rabu (19/12/2018)

“Ada 13 titik pospam yang kita dirikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Natal dan merayakan Tahun Baru 2019, tidak termasuk di dalamnya Polsek Kutalimbaru. Untuk wilayah hukum Polsek Pancur Batu, ada 3 Pospam yang didirikan,” jelas Romadhoni.

Selain itu Romadhoni juga menjelaskan, Polrestabes Medan juga telah mendata 583 gereja yang ada di Kota Medan. Dari jumlah tersebut, 32 diantaranya merupakan gereja prioritas.

” Ada 3 kategori gereja prioritas yakni gereja priotitas pertama merupakan gereja yang pernah mengalami teror dengan jumlah 10 gereja. Kemudian gereja prioritas kedua dengan jumlah 20 gereka. Dikatakannya, gereja prioritas kedua ini merupakan gereja besar dengan jemaat banyak serta berada di jalan protokol serta dihadiri pejabat,” ungkapnya

Sedangkan gereja prioritas ketiga , Tambahnya , Ada sebanyak 2 gereja. Kedua gereja yang masuk kategori prioritas ketiga ini dimana terdapat dua kelompok jemaat karena pastur yang seharusnya sudah pindah namun tidak pindah.

” Untuk mengamankan keseluruhan gereja, kita turunkan 1.314 personel dengan perincian 192 personel mengamankan gereja prioritas dan 1.102 personel mengamankan gereja non prioritas,” ungkapnya.

Selanjutnya terkait dengan perayaan Tahun Baru 2019, jelas Romadhoni, ada 3 tempat utama yang akan didatangi masyarakat, terutama pada malam pergantian tahun sehingga harus mendapat perhatian serius untuk diamankan yakni Lapangan Merdeka, Jalan KH Zainul Airifn dan Jalan Ring Road Gagak Hitam.

Untuk lokasi wisata, Romadhoni mengungkapkan, ada sejumlah tempat yang juga harus mendapatkan pengamanan diantaranya Hairos Water Park Jalan Jamin Ginting, Pemandian Sembahe serta Kebun Bintang Medan Zoo Jalan Bunga Rampai IV. Lalu Terminal Terpadu Amplas dan Pinang Baris serta stasiun kereta api serta pousat-pusat perbelanjaan. “Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan tindak kriminal,” jelasnya.

Di samping itu Polrestabes Medan juga sambungnya lagi, telah mengindentisikasi wilayah yang rawan terjadinya kemacetan , longsor dan banjir.

“Untuk rawan longsor, Polrestabes Medan mengindentifikasikan di kawasan Pancur Batu. Oleh karenanya pihaknya minta kepada Wali kota agar disiagakan alat berat dan chainsaw,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *