Tertelan Permen Karet ? Ini yang harus diLakukan

Ilustrasi menelan permen karet. (Shutterstock)

MEDANHEADLINES.COM – Permen karet dibuat memang untuk dikunyah dan tidak ditelan, namun, tidak sedikit terkadang Anda bisa tidak sengaja menelannya khususnya pada anak-anak.

Meski tidak berbahaya, permen karet yang tertelan tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Permen karet memang tidak akan terjebak di perut selama bertahun-tahun, melainkan keluar melalui feses.

Selain itu, dalam kasus yang sangat jarang, tertelan permen karet di saat Anda sedang sembelit bisa menyumbat usus. Apalagi jika Anda tertelan permen karet dalam jumlah yang cukup banyak atau sering. Ini dapat membuat Anda semakin sulit buang air besar.

Jangan panik, ingat bahwa permen karet tidak akan mengendap di perut Anda. Permen karet akan tetap keluar bersama dengan feses Anda. Jangan berusaha memuntahkan permen karet yang tertelan dengan mengorek tenggorokan Anda dilansir Hello Sehat.

Setelah Anda tidak sengaja menelan permen karet, segera minum air putih. Perbanyak minum air putih agar kerongkongan Anda terasa lebih nyaman.

Gejala-gejala penyumbatan biasanya termasuk sakit perut dan sembelit, kadang-kadang disertai dengan muntah, jika Anda memiliki gejala tersebut setelah menelan permen karet, segera periksa ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *