BPS : Medan Alami Deflasi 0.64 Persen di Bulan November 2018

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumut, Bismark Saor Pardamean

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara mencatat adanya penurunan harga di berbagai komoditas yang terjadi di Bulan November 2018 menyebakan Kota Medanmengalami deflasi 0.64 persen.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sumut, Bismark Saor Pardamean mengatakan, deflasi terjadi karena penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks tiga kelompok pengeluaran, yaitu kelompok bahan makanan sebesar 3.30 persen, kelompok sandang sebesar 0.24 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0.10 persen.

“Pada November 2018 kelompok pengeluaran yang memberikan andil deflasi, yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0.82 persen dan kelompok sandang sebesar 0.01 persen,” kata Bismark, Senin (3/12).

Sementara , Untuk Kelompok yang memberi andil inflasi yaitu, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0.01 persen, dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0.05 persen, dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0.13 persen.

“Kelompok kesehatan dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga memberikan kontribusi yang sangat kecil terhadap inflasi umum Kota Medan,” ucapnya.

Selain itu, Bismark juga menjelaskan ada Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada November 2018, antara lain cabai merah, cabai rawit, gaun/terusan, jas, daging sapi, cabai hijau, dan gula pasir.

” Persentase penurunan harga komoditas tersebut antara lain, harga cabai merah turun 30.13 persen, harga cabai rawit turun 17.42 persen, harga gaun/terusan turun 10.00 persen, harga jas turun 23,41 persen, harga daging sapi turun 1.19 persen, harga cabai hijau turun 8.05 persen, harga gula pasir turun 1.00 persen,” Ungkapnya

Sementara Komoditas yang mengalami peningkatan harga, antara lain bawang merah, angkutan udara, ikan kembung/gembung, tarif pulsa ponsel, daun singkong, sawi putih, dan beras (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *