Dalam Sepekan, Polda Sumut Ringkus 140 Pengedar dan Pengguna Narkoba

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Dalam Minggu pertama bulan November 2018, Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) telah berhasil meringkus setidaknya 140 tersangka dan pengguna narkoba di berbagai wilayah hukum yang ada di Sumatera Utara.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendri Marpaung melalui Wadir AKBP Frenky Yusandy mengatakan, dalam penangkapan tersebut berhasil diamankan sebanyak 82 Pengedar dan 58 pengguna narkoba.

” 140 tersangka ini berasal dari 99 kasus dan para tersangka saat ini sedang dalam proses pemberkasan berita acara pemeriksaan,” jelasnya.

Frenky juga menjelaskan, dari para tersangka yang ditangkap ini, berhasil disita barang bukti 2,8 kg sabu, 10,5 kg ganja, 150 butir ekstasi dan psikotkropika lainnya.

“Sebagian kasusnya masih dalam pengembangan untuk mengungkap jaringan lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Frenky mengungkapkan, Polri khususnya Polda Sumut dan jajaran terus berupaya dan terus bekerja secara optimal dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba.

” Untuk mengungkap kasus Narkoba ini tidak cukup hanya Polisi yang bekerja, namun perlu kerjasama dan partisipasi aksi nyata seluruh elemen masyarakat dalam mencegah peredaran narkoba mulai dari lingkungan terdekat,” terangnya.

Terkait maraknya narkoba yang masuk dari Malaysia ke wilayah Sumut, Frenky menuturkan, Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya faktor Geografis Provinsi Sumut dan Aceh berbatasan dan yang langsung berbatasan dengan Malaysia, sehingga merupakan jalur favorit sindikat narkoba .

Selain itu, Faktor Demand permintaan barang untuk digunakan atau diedarkan lagi di dalam Sumut atau dialirkan lagi keluar Sumut masih sangat tinggi serta adanya faktor ekonomi yang menjadi kebutuhan para pelakunya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *