Medan  

ICC Forum 2018, Sumut Jadi Daerah Pertama di Luar Jakarta

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan kegiatan 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo di Kota Medan, Sumatra Utara, pada 17-19 Oktober 2018.

Event ini merupakan salah satu upaya KLHK menyebarkan informasi dan dialog dengan pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat mengenai pengendalian perubahan iklim.

Jati Wicaksono, Kepala Biro Humas KLHK mengatakan, tujuh kegiatan serupa yang telah dilaksanakan selama ini diselenggarakan di Jakarta.

Namun kali ini KLHK memilih melaksanakannya di daerah, atau di luar Jakarta.

“Sumatra Utara menjadi tuan rumah pertama di daerah dalam penyelenggaraan Indonesia Climate Change Education Forum & Expo,” ujarnya sebelum pembukaan kegiatan di Medan, Rabu (17/10).

Event yang melibatkan lebih dari 100 partisipan ini terbagi dalam 60 stan pameran. Terdiri dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, instansi swasta, lembaga swadaya masyarakat serta komunitas.

Dia jelaskan, kegiatan yang berbasis pada adaptasi dan mitigasi perubahan iklim ini digelar untuk membangun sekaligus penyadaran kepada seluruh pemangku kepentingan terhadap isu perubahan iklim dengan dampak nyata yang telah terjadi.

Event ini digelar melalui jalur edukasi dan penyebarluasan informasi perkembangan perubahan iklim dalam skala nasional dan global.

Sejak digelar perdana pada 2010 lalu, lanjutnya, kegiatan ini terus mengalami penguatan secara positif.

Yang mana saat ini ICC sudah menjadi semacam sebuah lembaga yang diperlukan oleh pemerintah dan dunia usaha, masyarakat, maupun lembaga-lembaga internasional pendukung pengendalian perubahan iklim.

“Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ruang komunikasi dalam pembekalan delegasi Indonesia memasukip putaran COP 24 – UNFCCC di Katowice di Polandia pada November 2018 nanti,” tuturnya.

Adapun agenda utama dari event ini adalah pameran yang menampilkan program yang terkait dengan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Ditambah lagi rangkaian acara yang dikemas dalam forum diskusi, dialog interaktif, talkshow, di samping komunikasi dan edukasi dalam bentuk pemasangan poster, gelar budaya serta Games to Climate Change yang ditampilkan oleh kaum muda, termasuk gerakan Pramuka.(cep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.