Sumut  

Program Listrik Desa Mulai Jangkau Desa Terpencil Di Toba Samosir

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Penduduk desa-desa terpencil di Kabupaten Toba Samosir kini mulai dapat menikmati aliran listrik. Hal ini ditandai dengan pembangunan jaringan listrik yang dilakukan oleh pihak PLN hingga ke desa-desa terpencil di kabupaten tersebut.

Manajer PLN Rayon Porsea, Elfrid Pasaribu mengatakan desa terbaru yang kini sudah dialiri listrik yakni Desa Huta Namora di Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir.

“Disini ada 17 kepala keluarga (KK). Dan sudah 3 rumah yang masuk listrik, kita menunggu penarikan jaringan ke rumah-rumah lainnya,” katanya, Sabtu (15/9/2018).

Baca Juga : Listrik Masuk Desa, Setrum PLN Masuk Utte Rudang Hanya Dalam Seminggu

Elfrid menjelaskan selain pembangunan jaringan listrik ke desa Huta Namora, pihaknya juga sedang melakukan penarikan jaringan ke desa terpencil lainnya yakni Desa Jambu Dolok, Kecamatan Pintu Pohan. Meski hanya dihuni 16 KK, namun pihak PLN menurutnya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan penarikan jaringan listrik hingga kesana.

“Penarikan jaringan ke desa ini masih harus dilakukan manual karena belum bisa dilalui kendaraan. Tiang listrik dan kabel masih harus dipikul oleh pekerja ke lokasi,” ujarnya.

Masuknya jaringan listrik ini sendiri menjawab keinginan masyarakat yang selama ini belum merasakan listrik. Oloan Sinaga, warga Huta Namora mengaku masuknya listrik tersebut akan meningkatkan taraf hidup mereka.

“20 tahun kami menanti aliran listrik ini. Dan sekarang sudah terwujud,” ungkapnya.

Program Listrik Desa menjadi salah satu komitmen pemerintah mewujudkan 100 persen desa teraliri listrik pada tahun 2019. Program ini semakin digenjot terutama pada kawasan-kawasan prioritas seperti Kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.