Ragam  

Jalan-Jalan Singkat ke Langkawi

MEDANHEADLINES.COM – Awal Desember lalu saya beruntung berkesempatan mengunjungi Pulau Langkawi. Dalam kunjungan singkat ini sangat berkesan. Berangkat bersama-sama dengan teman kuliah terasa sangat menyenangkan. Perjalanan selalu diiringi dengan canda dan tawa. Hampir semua kami yang berangkat merupakan visit pertama ke Langkawi.

Dari Kampus UUM Sintok-Kedah, Saya menuju Langkawi melalui Kuala Perlis. Dari Kuala Perlis boleh menaiki feri. Jika ingin mengambil paket juga boleh, yaitu dengan membeli tiket feri pergi balik lawatan ke langkawi. Lawatan kali ini Kami membeli tiket  sekali jalan saja, karena ada beberapa teman yang akan langsung menuju ke Penang melalui bandara Langkawi.

Harga tiket dari jeti Kuala Perlis-Langkawi hanya seharga 18RM. Keberangkatan tersedia setiap jam hingga pukul 19 setiap harinya. Kondisi feri  sangat nyaman dan menyenangkan. Perjalanan melalui laut Kuala Perlis-Langkawi ditempuh selama 75 menit.

Terminal Feri Kuala perlis

Langkawi adalah sebuah pulau wisata di sebelah barat Semenanjung Malaysia. Langkawi merupakan pulau andalan wisata selain Pulau Penang di Malaysia. Pulau Langkawi terletak di negara bagian Kedah. Langkawi sangat dekat dengan dengan perbatasan Thailand, yaitu wilayah Thailand Selatan. Kepulauan Langkawi terdiri dari sebuah pulau utama (Pulau Langkawi) dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kata “Langkawi” berasal dari elang dan kawi. Elang adalah nama burung dan kawi artinya batu. Jadi, Langkawi secara harfiah artinya batu elang atau batu tempat burung elang bertengger. Landamark pulau Langkawi adalah burung elang yang hinggap di batu.

 

 

Kepulauan Langkawi yang terdiri dari beberapa pulau. Menurut catatan apabila laut pasang ada 99 pulau dan saat laut surut tercatat 104 pulau. Pulau Langkawi memiliki ikatan khusus dengan burung elang. Disini hidup habitat asli burung elang di sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Elang.

Begitu tiba di pulau Langkawi, Kami langsung menuju Eagle Square atau Dataran Lang yang berlokasi di Kota Kuah. Disini terdapat patung elang berukuran besar. Patung yang diresmikan tahun 1996 oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ini dibuat dengan secara detail. Dari jarak dekat, bulu-bulu yang menempel di sayap dan kaki burung terlihat nyata

 

Di Eagle Square Kota Kuah Langkawi

Di kepulauan Langkawi ini banyak terdapat karang-karang berukuran besar. Kepulauan Langkawi sendiri hanya memiliki beberapa pulau besar, seperti Pulau Langkawi, Pulau Dayang Bunting, Pulau Singa Besar dan Pulau Pasir Basah. Ada pantai yang cukup terkenal, namanya pantai cenang.

Pantai Cenang lokasinya terletak 18.4 kilometer dari Kota Kuah. Pantai ini lokasi paling ramai dikunjungi karena selain wisata pantai banyak tersedia fasilitas lainnya seperti restoran, hotel serta pusat hiburan. Toko cinderamata mudah ditemui berjajar di sepanjang lokasi pantai.

Pantai cenang berpasir halus dan berkilauan saat diterpa sinar mentari. Saat menjelang senja dimana matahari akan terbenam (sunset) dan saat matahari pertama muncul (sunrise) menjadi momen sangat ditunggu pengunjung pantai cenang. Di kala malam pantai ini dipenuhi atraksi cahaya neon dan permainan bara api. Atraksi ini sangat dinikmati oleh pengunjung pantai.

Dataran Lang
Pantai cenang

Wisata belanja kegiatan wajib kalau kita ke Langkawi. Harga barang yang dijual di sini sangat murah. Berbagai brand terkenal dan aneka ragam coklat harganya jauh lebih murah dibandingkan di tempat lain di seputaran Malaysia. Penyebabnya adalah barang di kawasan Pulau Langkawi tidak terkena pajak alias bebas dari cukai.

Berhubung lawatan kali ini sangat singkat, Saya hanya merekam beberapa foto saja. Kalau ingin menyusuri Pulau Langkawi lebih lengkap setidaknya dibutuhkan dua atau tiga hari lagi agar semua obyek wisata bisa dikunjungi. Karena keterbatasan waktu maka hanya beberapa obyek wisata saja yang dapat saya kunjungi.

 

Overall, Langkawi sangat layak menjadi destinasi wisata keluarga dan kerabat. Paling suka dengan view pulau yang sangat akrab dengan pantai dan laut. Masih banyak tempat wisata lain di Langkawi yang wajib dikunjungi. Semoga.***

Salam.

Mohd. Nawi Purba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.