Medan  

Makna dibalik Icon Resmi Kota Medan

MEDANHEADLINES, Medan – Icon Kota Medan sudah resmi diperkenalkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Launching yang dilakukan oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Namun belum banyak yang mengerti apa makna dari Icon Kota Medan yang menggambarkan Istana Maimun dengan tulisan ‘Medan Rumah Kita’ tersebut.

Oleh karenanya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono, membeberkan arti atau makna yang terkandung dalam icon. Ia menjelaskan, tulisan ‘Medan’ pada icon melambangkan kecantikan kota dan budaya.

“Di bawah tulisan ‘Medan Rumah Kita’ terdapat motif melayu dengan 14 warna berbeda. Itu melambangkan 14 etnis di Kota Medan, seperti Melayu, Karo, Mandailing, Toba, Simalungun, Tapanuli Tengah, Dairi, Nias, Jawa, Minang, Aceh, Tionghoa, Arab dan India,” kata Agus.

Ia juga menjelaskan, Kesultanan Deli adalah sebuah Kesultanan Melayu yang didirikan pada tahun 1632 dan hingga saat ini Istana Maimun adalah salah satu peninggalan Melayu yang menjadi kebanggaan masyarakat Medan.

“Istana Maimun mewakili salah satu heritage atau warisan bangunan bersejarah di Medan yang harus kita lestarikan bersama. Istana Maimun melambangkan rumah tempat tinggal kita, sehingga sesuai dengan tagline Kota Medan saat ini, yakni ‘Medan Rumah Kita’,” terangnya.

Secara semiotik, lanjutnya, Istana Maimun sebagai istana Kesultanan Deli adalah simbol dari multikultural Kota Medan. Selain itu, bermuatan budaya dan sosial. Istana ini adalah lambang dari peradaban Melayu yang terbuka menerima berbagai etnis, kemudian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah Kota Medan.

“Dilatarbelakangi dengan daun tembakau pada icon ini juga menjadi daya tarik untuk menjadikan Kota Medan yang heterogen, dan melambangkan kekuatan ekonomi yang akhirnya menjadikannya sebagai kota terbesar di Indonesia bagian Barat, yang juga sebagai pusat perekonomian sehingga ‘Medan Rumah Kita’ akan terwujud menjadi kota Masa Depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera, dan religius,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.