Medan  

Bangunan Bersejarah di Medan akan Segera di Pugar

MEDANHEADLINES, Medan –  Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata akan  melakukan pemugaran bangunan bersejarah yang ada di Kota Medan

Kepala Dinas Pariwisata Medan, Agus Suryono mengatakan, tindakan ini dilakukan agar dapat mempertahankan nilai Sejarah yang ada sekaligus mendongkrak Pariwisata di Kota Medan.

“Bangunan ini akan dikembalikan seperti dulunya. Yang di jalan Ahmad Yani, bekas kantor AMPI itu juga sudah diurus sertifikatnya. Itu milik Pemko Medan,” terangnya.

Ia juga mengatakan,Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Kota Medan. Bagaimanapun, katanya, ini adalah wewenang SKPD terkait. Namun, ucapnya, pihaknya sebagai penyedia kegiatan harus turut andil dalam menjaga heritage.

“Nantinya akan ada kegiatan pariwisata di dalam gedung. Seperti gedung Kantor Pariwisata Kota Medan ini, akan kita jadikan galeri. Jadi, akan ada kegiatan seperti tarian atau apapun kegiatan seni di dalamnya,” ucapnya.

Terpisah dari Agus, Anggota Komisi C DRPD Medan Dame Duma Sari Hutagalung.mengatakan, Pemilik dan pengelola bangunan sejarah di Jalan Ahmad Yani harus diminta untuk mengecet dan merawat bangunan.

Sementara itu terkait Bangunan Bersejar itu, Ketua Komisi C DPRD Medan Boydo Panjaitan berencana mengagas Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Kawasan Bersejarah.

“Banyak bangunan yang memiliki nilai sejarah sudah diubah, kita melihat kebaradaannya perlu segera dilindungi,” jelas Boydo. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.