Ditkrimsus Polda Gagalkan Penyeludupan 10 ton Bawang Merah Asal India

MEDANHEADLINES,Medan – Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumut berhasil menggagalkan penyelundupan 10 ton bawang illegal asal india yang dibawa dari aceh untuk dipasarkan di wilayah Medan.

“Bawang merah asal India diselundupkan melalui perairan Sungai Hiu, Aceh Tamiang dengan tujuan Pasar Induk Padang Bulan,” kata Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto di Mapolda Sumut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan,. Selain bawang sebanyak 10 ton, aparat kepolisian juga mengamankan 5 orang supir minibus beserta kenek mobil tangki

“Modus pengangkutannya baru.Kalau untuk penyelundupannya, mereka akan terus melakukan segala cara untuk memasukkan barang-barang dri luar, baik itu barang untuk kebutuhan masyarakat, maupun barang-barang elektronik,” katanya.

Agus juga mengatakan , Akibat perbuatan ini, kerugian negara dari kasus penyelundupan bawang kali ini ditaksir mencapai, Rp 93 juta. Selain itu Para pelaku penyelundup nantinya akan dikenakan pasal 102, 103, 104 Undang – Undang RI No. 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan. Serta  Pasal 5, 6, dan 7 , 9, 21, 25 Undang – Undang  RI no 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

“Untuk tekhnisnya kita akan berkoordinasi dengan Bea dan Cukai, untuk proses pengembangan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.