Komisi E DPRD Sumut gelar RDP terkait Pemecatan mahasiswa Unimed

MEDANHEADLINES, Medan – Komisi E DPRD Sumut mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pemecatan dan skorsing terhadap belasan mahasiswa unimed yang melakukan kegiatan kemahasiswaan.

Dalam RDP ini komisi e menghadirkan Koalisi Rakyat Anti Kriminalisasi (KORAK) Sumut sebagai pendamping dan perwakilan mahasiswa yang dipecat untuk mendengarkan aspirasi yang ingin mereka sampaikan.

Pemecatan mahasiswa Ilmu Geografi Unimed atas nama Ilham Rizki Nasution dan skorsing terhadap belasan mahasiswa ini terjadi usai mereka mengadakan kegiatan Belajar Bersama Alam (BBA) yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh mahasiswa jurusan Ilmu Geografi.

“Kami berharap komisi E bisa membantu Ilham DKK menyelesaikan masalah ini. Agar mereka bisa kembali ke bangku perkuliahan ” kata Koordinator KORAK Sumut Gumilar Aditya

Menanggapi hal ini, Sekretaris Komisi E DPRD Sumut, Ahmadan Harahap mengatakan ketidaksetujuannya terhadap langkah pemecatan yang diambil pihak rektorat

“Kami tidak sepakat adanya DO dan skorsing terhadap mahasiswa yang tidak alasan. Kami minta rektorat membuat peraturan yang jelas kepada grup atau organisasi mahasiswa yang membuat kegiatan agar tidak terjadi yang seperti ini. Karena, mereka membuat kegiatan untuk pengembangan kreatifitas,” ucapnya.

Ahmadan juga mengatakan, pihaknya akan membela mahasiswa yang dipecat tanpa alasan yang jelas. Karena kegiatan yang dibuat mahasiswa bisa jadi untuk mendukung pengembangan SDM.

“Kami akan jumpa rektorat untuk menanyakan masalah ini. Kalau tidak melanggar mereka harus kembali kuliah,” tuturnya. (pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.