KPK Akan Periksa Setya Novanto Pekan Depan

MEDANHEADLINES – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Ketua DPR RI Setya Novanto pekan depan untuk memberikan keterangan terkait dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik atau e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan surat pemanggilan sudah dilayangkan kepada Setya Novanto dan rencananya akan dipanggil pada selasa, 13 Desember 2016 mendatang

“KPK sudah mengirimkan surat panggilan untuk Setya Novanto,Ketua DPR RI terkait kasus e-KTP. Penyidik akan mengklarifikasi sejumlah informasi untuk memperdalam penyidikan kasus tersebut,” kata Febri Diansyah seperti yang dikutip dari TribunNews, Jumat (9/12/2016).

Febri menegaskan keperluan memeriska Setya Novanto karena memang sangat dibutuhkan penyidik KPK.

“Saya tidak mengetahui detilnya. Namun tentu saksi diperiksa karena dipandang mengetahui terkait kejahatan korupsi yang sedang disidik,” ujar Febri.

Pemeriksaan tersebut diduga karena saat proyek e-KTP bergulir,Setya Novanto merupakan ketua Fraksi Golkar di DPR. Keterlibatan Setya Novanto sebelumnya sempat diungkapkan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Menurut Nazaruddin, Setya Novanto berperan dalam pengaturan proyek bernilai Rp 5,9 triliun.

Pada kasus tersebut, KPK telah menetapkan dua tersangka. Mereka adalah bekas Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto dan bekas Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman.

Negara diduga menderita kerugian Rp 2 triliun akibat korupsi pengadaan e-KTP dari total nilai proyek Rp 6 triliun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.