Medan  

Eldin Minta Pengurus BAZNAS Medan memaksimalkan pengelolaan zakat

MEDANHEADLINES, Medan – Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi meminta Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Medan Periode 2016 – 2021 yang baru terpilih untuk mengelola zakat di Kota Medan menjadi lebih baik dan tepat sasaran.

Hal itu diungkapkan Eldin saat mengkukuhkan kepengurusan baru Baznas Medan di pendopo rumah dinas jalan sudirman medan.

Wali Kota juga berharap pengurus Baznas Medan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik serta berkoordinasi dan bersinergi dengan Baznas Sumut maupun pusat. Selain itu, dia juga mengharapkan pengurus berinovasi dan melakukan terobosan untuk meningkatkan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat.

“Dengan ada Baznas Medan, kita mengharapkan pengelolaan zakat di kota ini lebih tertib, terorganisir dan tepat sasaran serta merata bagi yang membutuhkan,” kata Wali Kota.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga memaparkan, zakat berpotensi besar dalam menanggulangi kemiskinan di tengah berbagai tantangan multidimensi yang dihadapi masyarakat saat ini. Pemerintah juga terus berupaya menanggulangi permasalahan ini.

“Karena itu saya imbau agar kita turut mengajak warga kota meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar zakat dan menyalurkannya kepada badan amil zakat yang ada di Medan. Saya berkeyakinan, bila hal ini berjalan optimal, Insya Allah dengan keberadaan umat Islam yang besar, potensi zakat dapat dijadikan basis kekuatan ekonomi umat dan meningkatkan kesejateraan,” ucapnya

Sebelumnya dalam Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Sumut, Dra H Amansyah Nasution, Kakan Kemenag Medan H Ikhwan Zulhami SH MAP, Manager LAZ Sumut H Asmui, segenap kepala SKPD dan camat.

Adapun Kelima tokoh yang dikukuhkan sebagai pimpinan dalam penghimpunan dan pengelolaan zakat di Medan adalah  Drs H Azwar MSi (ketua), Drs H Palit Muda Harahap MA, Drs H Hermanto MM, Drs  H Sangkot Saragih MA dan Drs H  Suadi Lubis.(RLS)

Sebelumnya, Ketua Baznas Drs H Azwar MSi mengungkapkan tentang semakin tingginya kesadaranan dan pemahaman masyarakat di Medan untuk membayar zakat. Bagi muslim, membayar zakat ini adalah salah satu rukum Islam yang wajid ditunaikan. Sejalan dengan itu, jumlah warga Medan yang beragama Islam juga sangat besar di Medan.

“Karena itu, dengan berbagai pendekatan yang baik, bukan tidak mungkin zakat warga muslim Kota Medan ini dapat dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi basis kekuatan ekonomi sebagaimana yang diharapkan,” ucapnya seraya  mengungkapkan, Baznas akan tetap berupaya untuk melakukan pengelolaan zakat secara bertanggung jawab dan transparan.(RLS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.