KONTRAS SUMUT  Minta POLDASU Serius Mengungkap Dugaan Hilangnya PNS asal Nias

MEDANHEADLINES, – Kontras Sumatera Utara meminta pihak kepolisian POLDA Sumatera Utara untuk serius dan secepat mungkin menindak lanjuti laporan dugaan hilangnya DARIUS ZENDRATO (41),  PNS Kabupaten Nias yang belum kembali sejak diutus menjalani kegiatan Dinas di Kota Medan pada tanggal 28 September 2016 lalu.

Sebelumnya, Pihak keluarga telah melaporkan peristiwa ini ke POLDA Sumatera Utara (STTLP/1440/XI/2016/SPKT I) pada tanggal 7 November 2016. Sebelum itu, pada bulan Oktober Kepala Bappeda Nias yang merupakan atasan langsung Darius juga telah melaporkan dugaan orang hilang ini Ke POLRES Nias. Namun hingga sekarang, atau tercatat hampir satu setengah bulan Darius belum diketahui bagaimana kondisi dan dimana keberadaannya.

Darius Zendrato yang merupakan Kepala Bidang di Bappeda Nias pada 28 September 2016 pamit ke KARNIAMIN SARUMAHA (istri) untuk berangkat ke Medan. Ia menyampaikan kepergian itu dalam rangka mengikuti rapat dengan biro keuangan di Kantor Gubernur bersama kepala Bappeda Nias. Selama berada di Medan, ia masih rutin berkomunikasi dengan istri, hingga terakhir pada tanggal 1 Oktober 2016 sekitar pukul 21.00 WIB. Keesokan harinya (2 Oktober 2016) komunikasi sudah tidak bisa dilakukan sebab nomor HP Darius Zendrato tidak aktif lagi hingga sekarang. Petunjuk terakhir tentang keberadaan Darius Zendrato adalah email yang dikirimnya kepada seorang teman pada tanggal 8 Oktober 2016.

Kepala operasional KONTRAS SUMUT Amin multazam mengatakan, Kepolisian diharapkan mampu bekerja secara professional guna menjawab harapan dan memberikan rasa keadilan bagi keluarga Darius.

Kontras Sumatera Utara juga mendesak Pemkab Nias untuk aktif dan melakukan langkah langkah konkret dalam menyikapi peristiwa ini. “Pemkab Nias tidak boleh terkesan lepas tangan dengan membiarkan keluarga korban berusaha sendiri mencari keberadaan Darius Zendrato” ungkapnya

“Perlu dicatat, kepergian Darius Zendrato adalah dalam rangka urusan dinas Negara khususnya Pemkab Nias harus ikut bertanggung jawab, seminimalnya berkordinasi dengan keluarga korban untuk sama-sama menemukan titik terang keberadaan Darius Zendrato “ tambahnya

Amin juga meminta agar Pemkab Nias dituntut untuk peduli atas. Hilangnya Darius Zendrato yang merupakan tulang punggung keluarga “ Jangan sampai untuk mendapatkan hak (gaji) milik Darius Zendrato, keluarga juga dipersulit. Sebab beberapa kali keluarga mendapatkan kabar bahwa gaji Darius akan di stop.akibat ketidakhadiran Darius selama beberapa bulan ini  justru dihitung sebagai proses mangkir dari dinas” pungkasnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.