Ragam  

Air Terjun Burung Walet, Keindahan Tersembunyi di Balik Gua Lombok Timur

Lombok Timur (MedanHeadlines.com)

Jalan-jalan ke Desa Wisata Tete Batu di Lombok Timur, wajib mampir ke Air Terjun Burung Walet. Lokasinya berada di balik gua.

Pada hari Minggu (16/10/2016), detikTravel menyambangi lokasi ini. Sebelum melakukan perjalanan, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan membayar tiket sebesar Rp 2.500 per orang.

Perjalanan dimulai dengan menuruni anak tangga yang menuju ke sungai. Selanjutnya Anda akan menemui anak tangga kedua yang mengharuskan pengunjung melepas alas kaki kalau tidak ingin basah, karena perjalanan akan menyusuri sungai.

Pada saat inilah pemandangan apik disuguhkan ketika Anda harus melewati gua. Gua ini adalah hasil erosi yang dihasilkan air sungai.

“Kenapa dinamakan air tejun Burung Walet karena dulu sebelum ramai pengunjung, masih ada hewan itu di gua yang menuju air terjun. Tapi sekarang sudah tidak ada burungnya,” ujar Suyanto (29), salah satu penjaga loket tiket.

Gua yang dihasilkan sungai ini terbilang cukup lebar dan cukup gelap. Di sisi-sisi dindingnya terdapat air yang mengucur melalui akar-akar seperti membentuk sebuah tirai.

Air yang dingin mengalir di sungai ini karena terletak di kaki Gunung Rinjani. Tiba di air terjun, gelontoran air dengan deras memecah keheningan selepas dari gua dan membentuk sebuah kolam.

“Banyak mas yang datang ke sini. Mereka biasanya rombongan pakai pikap jalan kaki ke sini. Cuma buat mandi di air terjunnya,” tutup Suyanto.(dc/mh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.