Solusi Netmonk : Akuisisi Data dari Perangkat Jaringan hingga Hasilkan Dashboard Analitik yang Intuitif

Visualisasi data yang intuitif sangat penting dalam menunjang pengambilan keputusan bisnis!

MEDANHEADLINES.COM – Dashboard analitik yang bisa memberikan visualisasi data yang intuitif, dipengaruhi oleh proses akuisisi data. Sebuah perusahaan, tentu memiliki berbagai data yang tersebar dalam banyak device. Nah, data-data ini perlu diakuisisi untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif. Akuisisi data adalah proses yang dilakukan dengan mengumpulkan dan mengukur informasi dari berbagai sumber untuk dianalisa, diolah, dan dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan. Proses ini melibatkan penggunaan sensor, perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi lainnya untuk menangkap data yang relevan dari berbagai lingkungan dan aplikasi.

Akuisisi Data dari Perangkat Jaringan

Akuisisi data dari perangkat jaringan sebetulnya bisa diartikan sebagai proses pengumpulan informasi yang berasal dari berbagai perangkat yang membentuk suatu jaringan, seperti routerswitchfirewallserver, dan perangkat endpoint lainnya. Proses ini menjadi sangat penting dalam manajemen jaringan modern, karena membantu dalam pemantauan, pengelolaan, analisis, dan pengamanan jaringan.

Akuisisi data memungkinkan administrator jaringan memantau kinerja jaringan secara real-time. Teknik pengumpulan data ini mencakup pemantauan penggunaan bandwidth, latensi, packet loss, dan berbagai metrik lainnya yang penting untuk memastikan kinerja optimal jaringan. Dengan mengumpulkan data dari berbagai perangkat jaringan, administrator dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau anomali yang mungkin menunjukkan adanya ancaman keamanan. Ini memungkinkan tindakan pencegahan yang lebih cepat dan lebih tepat.

Data yang dikumpulkan dari perangkat jaringan dapat digunakan untuk menganalisis penyebab masalah jaringan. Informasi ini membantu dalam menemukan dan memperbaiki masalah dengan lebih efisien. Banyak organisasi harus mematuhi regulasi tertentu terkait dengan pengelolaan dan penyimpanan data. Akuisisi data jaringan memastikan bahwa organisasi dapat mengumpulkan dan menyimpan informasi yang diperlukan untuk keperluan audit dan compliance.

Dashboard Analitik Monitoring Jaringan

Dashboard analitik adalah alat yang sangat penting dalam berbagai aspek bisnis dan teknologi, karena memberikan visualisasi data yang mudah dimengerti dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat berdasarkan informasi yang akurat. Dashboard analitik menyajikan data dalam bentuk visual seperti grafik, diagram, dan tabel yang mudah dipahami. Ini memungkinkan pengguna cepat memahami tren, pola, dan anomali dalam data tanpa perlu menggali laporan yang panjang dan kompleks.

Di samping itu, dashboard analitik juga memberikan pemaparan data secara real-time. Hal ini sangat penting bagi banyak industri, terutama yang memerlukan tanggapan segera terhadap perubahan. Industri tersebut di antaranya, keuangan, kesehatan, dan e-commerce. Pemantauan secara real-time juga membantu dalam mendeteksi dini adanya masalah atau bahkan peluang. Dengan informasi yang tersaji secara jelas dan terstruktur, pengambil keputusan dapat objektif berdasarkan data. Dashboard analitik mengurangi ketergantungan pada intuisi atau asumsi, dan lebih mengandalkan bukti konkret dari data yang ada.

Otomatisasi akuisisi data merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam mendukung kerja Manager IT dan Tim Operasional IT di suatu perusahaan dalam mengelola jaringan, audit performa jaringan, serta pengambilan keputusan yang lebih baik. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalisasi sumber daya infrastruktur IT Jaringan. Namun sayangnya, tidak semua perusahaan mampu melakukannya secara mandiri. Dikarenakan beberapa hal seperti infrastruktur, biaya, dan sumber daya. Untuk itulah, Telkom menghadirkan Netmonk sebagai solusi monitoring jaringan yang dapat mendukung performa bisnis perusahaan atau badan usaha.

Solusi Akuisisi Data Netmonk

Netmonk adalah aplikasi monitoring jaringan andal yang mampu memberikan solusi monitoring secara efektif guna meningkatkan kinerja jaringan suatu perusahaan. Netmonk sanggup menghadirkan dashboard analitik berbasis web yang melakukan akuisisi data dari perangkat jaringan secara otomatis, mengolah data tersebut menjadi informasi yang dimanfaatkan untuk mendukung pengelolaan jaringan.

Keuntungan mengakuisisi data dengan Netmonk:

  • Unggul dalam Infrastruktur dan Kompleksitas Teknologi

Jaringan modern terdiri dari berbagai jenis perangkat seperti router, switch, firewall, server, dan endpoint yang masing-masing memiliki karakteristik dan protokol yang berbeda. Mengelola dan memantau perangkat yang beragam ini memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai teknologi jaringan. Jaringan perusahaan bisa sangat besar dan tersebar di berbagai lokasi geografis. Memantau jaringan dengan skala besar membutuhkan solusi yang dapat diskalakan, yang sering kali lebih mudah diperoleh melalui dashboard yang disediakan oleh Netmonk yang berpengalaman dalam mengelola infrastruktur yang besar.

  • Memiliki Keahlian Teknis

Monitoring jaringan memerlukan keahlian teknis khusus dalam berbagai area seperti analisis lalu lintas jaringan, keamanan siber, dan troubleshooting. Tim internal mungkin tidak memiliki spesialisasi yang mendalam dalam semua aspek ini. Teknologi jaringan terus berkembang, dan Netmonk terus melakukan update terhadap tren terbaru dan ancaman keamanan baru. Mengandalkan tim internal mungkin tidak cukup untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang cepat ini.

  • Biaya dan Efisiensi

Monitoring jaringan memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang bisa mahal. Netmonk memiliki infrastruktur ini dan dapat menyediakan layanan monitoring dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan membangun dan memelihara sistem tersebut secara internal. Memiliki tim internal yang didedikasikan untuk monitoring jaringan saja, bisa menjadi mahal dan tidak efisien, terutama untuk perusahaan kecil dan menengah. Netmonk menawarkan layanan yang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik organisasi.

  • Monitoring 24/7

Aplikasi monitoring jaringan Netmonk memberikan layanan 24/7, yang berarti mereka dapat memantau jaringan secara terus-menerus dan merespons insiden kapan saja. Tim internal mungkin tidak memiliki sumber daya untuk melakukan pemantauan nonstop. Netmonk juga menawarkan Service Level Agreements (SLAs) yang menjamin tingkat tertentu dari kinerja dan respons. Ini memberikan kepercayaan tambahan bahwa jaringan akan dipantau secara efektif.

  • Keamanan dan Compliance (Kepatuhan)

Jaringan adalah target utama bagi berbagai ancaman keamanan. Dengan menggunakan Netmonk yang berfokus pada monitoring jaringan dan memiliki keahlian khusus, maka deteksi dan merespons potensi ancaman dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Selain itu, banyak industri memiliki persyaratan kepatuhan yang ketat terkait dengan pengelolaan dan pemantauan data. Netmonk yang memiliki pemahaman yang baik tentang regulasi ini dan dapat membantu memastikan bahwa organisasi memenuhi semua persyaratan kepatuhan.

  • Produktivitas dan Fokus pada Bisnis

Dengan mengalihdayakan monitoring jaringan kepada Netmonk, perusahaan dapat lebih fokus pada kegiatan inti bisnis mereka tanpa harus terganggu oleh masalah teknis jaringan. Ini memungkinkan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik dan peningkatan produktivitas.

Sekali lagi, melakukan akuisisi data jaringan tentu saja akan membantu perusahaan menjaga jaringan mereka tetap aman, andal, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jangan lewatkan kesempatan demo yang diberikan oleh Netmonk secara gratis. (Red/Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.