Sumut  

Hadiri Kerja Tahun Desa Singgamanik, Tino Sinuraya Terharu Disambut Meriah Masyarakat

MEDANHEADLINES.COM, Karo – Bakal Calon (Bacalon) Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya menghadiri kegiatan Gendang Guro-Guro Aron Kerja Tahun di Jambur Desa Singgamanik, Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu.

Begitu tiba di lokasi, Tino Mimana Sinuraya dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat dengan menampilkan tarian adat Karo.

Saat menyampaikan kata sambutan, Tino pertama-tama mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Singgamanik, karena telah memberikan sambutan meriah dan luar biasa.

“Nilai Budaya ini harus dijaga dan rawat dengan semangat kebersamaan. Sehingga hubungan emosional kita tetap terjaga guna membangun kampung halaman bersama,” ujar Tino disambut riuh tepuk tangan warga.

Usai menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Pesta Tahun di Desa Singgamanik tersebut, pengusaha muda sukses di Karo itu ikut menari bersama rombongan, tokoh adat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Karo.

Sebagai informasi, Kerja Tahun merupakan sebuah pesta syukuran yang dirangkai dengan acara kebudayaan dan kesenian Karo. Kegiatan silaturahmi ini diadakan setiap tahun oleh masyarakat Karo.

Awalnya, Kerja Tahun diadakan sebagai bentuk rasa syukur setelah melakukan penanaman padi. Di kegiatan tersebut masyarakat berharap agar padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula.

Perayaan ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional yang diadakan selama dua malam di Jambur. Kegiatan yang ditampilkan berupa Gendang Guro-guro Aron. Dalam kegiatan itu para muda-mudi menari dan bernyanyi dalam balutan pakaian adat. Acara juga dimeriahkan dengan kemampuan tarik suara biduan atau perkolong-kolong. (RED/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.