Sumut  

Sanggar Salam Budaya Terima Rekor Dunia MURI Saat Merayakan Hari Ulang Tahun Ke-2

MEDANHEADLINES.COM, Simalungun – Sanggar Salam Budaya menyelenggarakan pagelaran jurus golok dengan langkah terbanyak dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-2. Kegiatan yang digelar di Seribu Dolok, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumut, Jumat (28/6/2024), itu mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ketua Panitia, Ahmad Rumi Pasaribu mengatakan, pagelaran jurus golok ditampilkan oleh pendekar dari Perguruan Silat Walet Puti. Kegiatan dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-2 Sanggar Salam Budaya.

“Para pendekar dari Perguruan Silat Walet Puti ini ada menampilkan 67 jurus golok saat kegiatan berlangsung,” kata Ahmad dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024).

“Pagelaran jurus golok olok dengan langkah terbanyak ini akan dicatat oleh MURI,” tambahnya.

Ahmad mengatakan, perayaan HUT ini turut dihadiri pembina Sanggar Salam Budaya, Yans Ratta dan disupport oleh perguruan Silat Walet Puti serta Organisasi Masyarakat Sadar Adat Sumatera Utara. Kegiatan tahun ini mengangkat Tema “Lestari Tradisi, Lestari Budaya, Jayalah Indonesia”.

Selain peragaan jurus golok, acara juga diisi dengan seminar bertema”Golok sebagai Budaya Bangsa Indonesia”.

“Narasumber yang dihadirkan adalah pegiat seni pencak silat dan senjata Golok yaitu Djiung Golok Terbang dari Bekasi dan Herman Entong dari Depok,” kata Ahmad.

Ketua Bidang Kependekaran Walet Puti, Mustafa Kamal menyampaikan rasa hormat, haru dan bangga kepada pembina Sanggar Salam Budaya, Yans Ratta atas kepeduliannya melestarikan budaya, khususnya pencak silat dan senjata golok yang menjadi warisan nusantara.

“Sebagai Ketua Bidang Kependekaran Perguruan Silat Walet Puti, saya menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada Pak Yans Ratta atas terselenggaranya acara ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi semangat kami untuk terus berlatih dan mengembangkan silat agar semakin terjaga kelestariannya,” ucap Mustafa.

Ketua DPW Masyarakat Sadar Adat (MASA) Provinsi Sumut, Disti Nuaridho mengatakan hal senada. Dia mengucapan terima kasih kepada Yans Ratta karena selalu memberikan arahan kepada DPW MASA Sumatera Utara.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang hadir, sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Senior Customer Relations Manager MURI, Andre Purwandono SS menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian pagelaran jurus golok dengan langkah terbanyak, yang kini telah tercatat di MURI sebanyak 2000 langkah.

“Prestasi ini bukan hanya pencapaian rekor nasional MURI, melainkan juga pencapaian rekor Dunia MURI,” pungkasnya. (FAD/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.