Sumut  

Pegadaian Sibolga Gandeng Kejari Sibolga Antisipasi Kreditur Bermasalah

Pegadaian MoU Kejari Sibolga
Kajari Sibolga, Syaifful Alam Yuliastana, S.H., M.H dan Pemimpin Cabang Pegadaian Sibolga, Fitra Roria Tindaon saat melakukan penandatanganan MoU, pada Selasa (11/6/2024). (Foto: Istimewa)

MEDANHEADLINES.COM, Sibolga – Pegadaian Cabang Sibolga menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga untuk mengantisipasi kreditur bermasalah. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ke dua belah pihak, di Deal Cafe, Kota Sibolga, pada Selasa (11/6/2024).

Deputi Bisnis Pegadaian Area Rantauprapat, Fauzi Gazali menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kajari Sibolga, Syaifful Alam Yuliastana, S.H., M.H yang telah bersedia untuk melakukan MoU dengan Pegadaian dalam bidang hukum perdata dan tata usaha.

“Kami sangat membutuhkan kerja sama ini. Oleh sebab itu, kami (Pegadaian Medan) mengapresiasi Kajari Sibolga yang telah merealisasikannya. Kerja sama seperti ini kami lakukan di lima kota wilayah Pegadaian Medan, seperti Labuhan Batu, Padang Sidempuan, Tanjung Balai, Pematang Siantar dan yang kelima di Kota Sibolga,” ujar Fauzi.

Fauzi menjelaskan, Pegadaian mendapat amanah untuk menyalurkan pembiayaan berbasis fidusia. Oleh karena itu, Pegadaian butuh sinergitas dengan berbagai pihak termasuk Kejaksaan untuk menangani kreditur atau nasabah yang bermasalah.

“Bahkan hak tanggungan sertifikat pun sudah bisa digadaikan di Pegadaian. Sekarang, kita juga sudah melayani Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun tingkat risikonya makin tinggi. Untuk itu, saya titip tim Pegadaian Cabang Sibolga, agar diberikan edukasi untuk mengatasi kemacetan kredit. Kemudian, nasabah atau kreditur kita yang bermasalah mohon nanti disinergikan dan dikolaborasikan seperti apa bentuk kerja sama untuk penyelesaiannya,” katanya.

Kendati demikian, Fauzi berharap supaya penanganan maupun penyelesaian masalah tetap mengutamakan Non Litigasi (penyelesaian sengketa yang dilakukan menggunakan cara-cara yang ada di luar Pengadilan).

“Pertama penyelesaiannya kami harapkan Non Litigasi, nanti bisa dibantu mediasi oleh tim Kejaksaan,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kajari Sibolga, Syaifful Alam Yuliastana didampingi Kasi Datun, Puryaman Harefa juga menyampaikan apresiasi karena telah dipercayakan untuk menjalin MoU dengan Pegadaian Cabang Sibolga.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami (Kejari Sibolga), memang salah satu tugas kami di Datun itu mendampingi bapak-bapak sekalian,” katanya.

Syaifful menegaskan, MoU ini tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata. “Harus ada tindak lanjutnya, jadi itulah nanti salah satu kinerja kami, karena kami juga dimonitor dan diawasi,” ucapnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Pegadaian Cabang Sibolga dengan Kejari Sibolga disaksikan langsung Deputi Bisnis Pegadaian Area Rantau Prapat, Fauzi Gazali, Kepala Departemen Produk Non Gadai, Rahadian Nur Maulana, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kanwil 1 Medan, Gopher Manurung, dan Legal Officer Kanwil 1 Medan, Hisbah R. Putra. (JAS/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.