Sumut  

Afwan Nasution Sebut Persiapan Pilkada Kota Sibolga Telah 90 persen

Ketua KPU Kota Sibolga, Afwan Nasution saat memberikan kata sambutan di kegiatan Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Sibolga Tahun 2024, di Gedung Nasional Kota Sibolga, Rabu (6/6/2024). (Foto: Jasman J. Mendrofa)

MEDANHEADLINES.COM, Sibolga – Ketua KPU Kota Sibolga, Afwan Nasution menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada di Kota Sibolga telah mencapai 90 persen. Pernyataan tersebut disampaikannya pada saat peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Kota Sibolga 2024, di Gedung Nasional Kota Sibolga, Rabu (5/6/2024).

Afwan menjelaskan, ada dua tahapan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan Pilkada, yaitu tahap persiapan dan penyelenggaraan. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Untuk tahap persiapan, kita telah melaksanakan perencanaan program dan anggaran. Membentuk Badan Adhoc, menyusun data serta pemutakhiran data pemilih. Jadi, tahap persiapan ini kita sudah mencapai 90 persen,” katanya.

Menurut Afwan, untuk mencapai persiapan itu, KPU Kota Sibolga akan merekrut petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Petugas ini yang nantinya mengumpulkan data pemilih di wilayah Sibolga.

“Sebelumnya KPU Kota Sibolga sudah merekrut PPK untuk 4 kecamatan dan PPS untuk 17 kelurahan. Selanjutnya kita juga akan melakukan perekrutan Pantarlih,” ujarnya.

Setelah persiapan, lanjut Afwan, pihaknya akan melanjutkan tahapan penyelenggaraan yang dimulai dengan pembukaan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada 27, 28 dan 29 Agustus. Kemudian dilanjut dengan penetapan calon pada 22 September mendatang.

Dalam pemilihan Maskot Pilkada Kota Sibolga, terpilihlah si Marang, yang bermakna ikan ini merupakan ikan yang sangat merakyat. Disukai semua orang, dapat digoreng balado, dipanggang paccak dan bahkan bisa dibuat rakik untuk ikan yang masih kecil. Jenis ikan ini masih sangat mudah didapatkan di pinggiran laut Kota Sibolga.

Kegiatan dihadiri perwakilan Komisioner KPU Sumut, perwakilan Wali Kota Sibolga, perwakilan Kapolres Sibolga, Danlanal, Korem, para tokoh agama, pimpinan partai politik dan seluruh stakeholder. (JAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.