Sumut  

Pelindo Sibolga Resmi Melaunching Program Cashless Pass Pelabuhan

Pelindo Sibolga
Pelindo Sibolga resmi melaunching program Cashless Pass Pelabuhan sekaligus mensosialisasikan digitalisasi sistem pembayaran pada Senin (27/5/2024). (Foto: Istimewa)

MEDANHEADLINES.COM, Sibolga – Pelindo Sibolga resmi melaunching program Cashless Pass Pelabuhan sekaligus mensosialisasikan digitalisasi sistem pembayaran pada Senin (27/5/2024). Kegiatan diselenggarakan di terminal penumpang Pelabuhan Pelindo Sibolga, Provinsi Sumatera Utara.

GM Manager Pelindo Sibolga, Aulia Rachman mengatakan, program Cashless Pass dan digitalisasi sistem pembayaran ini baru pertama kali diterapkan di Pelabuhan Pelindo Sibolga. Tujuan untuk mempermudah proses pelayanan, meskipun masih membutuhkan sosialisasi secara masif.

“Sistem ini mempermudah pelayanan sehingga proses pembayaran di Pelabuhan Pelindo Sibolga bisa dilakukan dengan cepat, meskipun masih membutuhkan sosialisasi terus menerus,” ucapnya.

“Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri dan Bank Indonesia atas dukungannya sehingga sistem digitalisasi ini dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Aulia menjelaskan, pembayaran secara digitalisasi ini mulai diterapkan pada 27 Mei 2024. Nantinya, semua pass pelabuhan yakni pass penumpang, kendaraan, barang akan memakai sistem pembayaran digital seperti Qris, Debit Kredit, Livin, E-money.

“Penerapan ini akan mendukung akselerasi transformasi digital di Pelindo Sibolga, sehingga pelayanan yang menggunakan jasa pelabuhan dapat berjalan dengan cepat,” ucap Aulia.

Di kesempatan yang sama, Direktur Komersial dan Teknik Pelindo Sibolga, Ichwal Fauzi Harahap berharap program digitalisasi Pelabuhan Sibolga ini dapat berjalan dengan lancar.

“Layanan transaksi non tunai ini adalah salah satu upaya manajemen Pelindo dalam menerapkan digitalisasi dan Pelindo bersih dalam menghindari dugaan pungutan liar (Pungli). Semoga program ini berjalan dengan lancar,” kata Fauzi.

Fauzi menjelaskan, pembayaran non tunai lebih mudah, cepat dan lebih banyak manfaatnya sehingga pengembangan bisnis ke pelabuhan dapat meningkat dengan pesat. Dan mendorong peningkatan ekonomi di Kota Sibolga.

Pantauan wartawan di lokasi, kegiatan sosialisasi yang dihadiri unsur Forkopimda Kota Sibolga, Bank Mandiri dan Bank Indonesia berjalan dengan lancar. (JAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.