Sumut  

Murid SMA Matauli Pandan Kenakan Baju Adat Saat Upacara Peringatan Hardiknas 2024

Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan pada saat membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)

MEDANHEADLINES.COM, Tapteng – SMAN 1 Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024).

Amatan wartawan di lokasi, tampak ada yang unik dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Peserta upacara mulai dari pimpinan sekolah, peserta didik, pengajar dan staf terlihat memakai pakaian adat Indonesia pada saat upacara berlangsung.

Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas sederhana mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ucap Deden memulai pidato.

“Ombak dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan yang terjadi disekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” sambungnya.

Menjabat di masa Pandemi Covid-19, lanjut Deden, kementrian pendidikan mendapat banyak tantangan dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Kecanggihan teknologi mengambil peran penting dalam proses belajar mengajar sehingga Indonesia tidak tertinggal jauh dari negara- negara tetangga.

Nadiem berharap di penghujung pengabdiannya sebagai menteri bukanlah suatu titik akhir dari Gerakan Merdeka Belajar.

“Dengan penuh ketulusan saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang ibu dan bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua. Para penggerak perubahan dengan kata tidak mengenal menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” kata Deden menutup pidatonya.

Sebagai informasi, peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Harapan ini terbersit dalam perjuangan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889. Tanggal ini lalu ditetapkan menjadi hari peringatan Hardiknas di Indonesia. (FAD/JAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.