Sumut  

Peringati May Day 2024, Ratusan Buruh di Sibolga-Tapteng Gelar Aksi Long March

Massa buruh memeriksa kelengkapan mobil komando sebelum aksi long march. (Foto: Jasman J. Mendrofa)

MEDANHEADLINES.COM, Tapteng – Ratusan buruh yang tergabung dari beberapa organisasi di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tengah), melakukan aksi long march dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau Mau Day 2024.

Pantauan wartawan, massa memulai long march dari Sekretariat Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) 92, di Jalan Baru, Pandan, Kabupaten Tapteng.

Selama long march, Ketua SBSI 92, Demakson Tampubolon menyampaikan orasi untuk membakar semangat massa aksi.

Demakson mengatakan, seluruh buruh di dunia memperingati Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei di setiap tahunnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang perjuangan yang dilakukan kaum buruh dalam memperjuangkan keadilan dan haknya. Oleh karena itu, peringatan Hari Buruh secara resmi ditetapkan menjadi hari libur di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Peringatan Hari Buruh tahun ini mengangkat tema “Buruh Maju Bermartabat”. Maknanya bekerja gigih, disiplin tinggi serta produktif ketika mengemban tugas, sehingga kaum buruh tidak lagi dianggap sebagai orang pinggiran yang berpenghasilan pas-pasan.

“Buruh adalah orang yang mempunyai tekad kuat untuk bekerja sesuai dengan pekerjaannya demi memperjuangkan keluarganya,” teriak Demakson melalui pengeras suara.

“Kita adalah satu. Antara pemilik perusahaan dengan pekerja, ibarat uang logam yang memiliki dua sisi berbeda, namun satu kesatuan yang tak terpisahkan,” tambahnya.

Massa aksi melakukan long march sampai ke Pantai Kalangan Indah, Kabupaten Tapteng. Kegiatan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan di jalan.

Selain buruh, peringatan May Day ini turut dihadiri Forkopimda Kabupaten Tapteng, sebagai bentuk dukungan kepada buruh dalam memperjuangkan hak-haknya, khususnya di Kabupaten Tapteng. (FAD/JAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.