Sumut  

BPODT Terus Berupaya Hadirkan Investor, Dua Proyek Ditargetkan di 2024

Seorang pengunjung sedang menikmati keindahan Danau Toba di kawasan Toba Caldera Resort (TCR). (Foto: FADLI)

MEDANHEADLINES.COM, Toba – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) terus melakukan upaya untuk menarik investor dalam pengembangan kawasan Danau Toba. Lokasi yang gencar dipromosikan untuk menggaet investor adalah Toba Caldera Resort (TCR).

TCR merupakan lahan zona otoritatif yang memiliki luas 386,72 hektare. Penataan dan pembangunan terus berjalan di lahan yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba itu. Sejak Juli 2021, perusahaan Bobobox telah membangun penginapan Bobocabin sebanyak 12 kabin di kawasan tersebut. Bobocabin menjadi fasilitas yang banyak diminati para wisatawan.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, Raja Malem Tarigan mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan beberapa investor lain. Seperti PT. Labersa Hutahaean untuk pengembangan Hotel Bintang 5 dan PT. Tobanta Nauli Indah yang fokus kepada pengembangan Family Hotel.

“Tahun ini, BPODT berencana melaksanakan dua groundbreaking di TCR. Kegiatan akan dilakukan mulai dari semester pertama dan kedua,” ujar Raja pada jumpa pers di Kantor BPODT, di Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Selasa (20/2/2024).

Raja menjelaskan, proses untuk groundbreaking ini telah dilakukan sejak Desember 2023. Dimulai dengan penetapan pemenang tender pengelolaan CV-04 untuk pengembangan Mixed-Use Village. Investor yang akan mengerjakannya adalah PT. Mitra Jaya Realty, developer asal Jakarta yang berpengalaman membangun kawasan perumahan dan tower apartemen.

“Di lot ini akan disediakan pusat kuliner, pusat perbelanjaan, spot foto, outbond area dan atraksi pendukung lain. Saat ini sudah tahap finalisasi desain dan perencanaan pembangunan Mixed-Use Village di lahan seluas 7,4 hektare,” kata Raja.

“Diharapkan groundbreaking bisa dilakukan pada Maret atau paling lama April tahun ini,” tambahnya.

Selain itu, sambung Raja, BPODT akan mengadakan tender pendayagunaan aset untuk lot SR-08 atau Lake View Resort di semester pertama 2024. Prosesnya masih dalam penjajakan calon investor yang ikut tender.

Lake View Resort merupakan kawasan bagian selatan TCR. Lahan seluas lima hektare ini diperuntukkan untuk pembangunan vila dengan kapasitas 40 sampai 60 kamar.

“Kami sudah intensif diskusi dengan salah satu investor. Bahkan mereka sudah mengirim arsitek bernama Yori Antar untuk mendesain kawasan. Vila-vila ini nantinya akan di desain dengan konsep yang mewakili masing-masing puak Batak,” Kata Raja.

Menurut Raja, dengan realisasi penambahan investor di Toba Caldera Resort, BPODT optimis peluang investasi akan terus meningkat di kawasan Danau Toba.

“Ke depannya BPODT akan terus menambah atraksi-atraksi menarik untuk meningkatkan pengalaman wisata para pengunjung di Danau Toba,” pungkasnya. (FAD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.