Medan  

dr Mustafa Sebut Peran Orang Tua Sangat Penting Terhadap Perkembangan Perilaku Remaja

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr. Mustafa Kamil Adam,Sp.PD saat mensosialisasikan Ranperda Tentang Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. (Foto: Istimewa)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem, dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD mengatakan bahwa peran orang tua sangat penting terhadap perkembangan perilaku baik dan buruk anggota keluarga, khususnya bagi anak remaja.

Oleh sebab itu, para orang tua harus memantau setiap tindakan anak-anaknya, baik di dalam maupun di luar rumah. Tujuannya agar mereka menjadi generasi yang baik dan berakhlak mulia. Kemudian terhindar dari bujukan atau pengaruh buruh dari pihak-pihak yang tidak ramah dengan kebaikan.

“Meskipun remaja-remaja kita sudah bisa melihat beratnya hukuman yang harus dijalani oleh pelaku kejahatan. Tapi itu belum tentu membuat nyali anak sekarang kecut. Sebab, banyak dari remaja kita yang telah terkontaminasi dengan pengaruh buruk narkoba,” kata dr. Mustafa saat mensosialisasikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Provinsi Sumut, tentang Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum di Jalan Madio Utomo, Kelurahan Sidorame Timur, Medan Perjuangan, Senin (14/8/2023).

“Maka dari pada itu, peran orang tua untuk mengawasi anak-anak sangat penting. Beri mereka nasehat dan arahkan kepada kegiatan positif dan keagamaan,” pungkas politisi yang juga berprofesi sebagai dokter spesialis penyakit dalam itu.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Trantib Kecamatan Medan Perjuangan, Saud TM Samosir menyampaikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di wilayah kerjanya masih perlu pengawasan dari semua pihak. Pasalnya, masih ada gangguan keamanan yang sering terjadi, seperti aksi tawuran antar warga. Kemudian aksi kejahatan jalanan yakni pencurian dengan kekerasan atau yang lebih dikenal dengan sebutan begal.

“Untuk menekan angka gangguan keamanan dan tindak kejahatan jalanan, Kecamatan Medan Perjuangan mendirikan posko yang berfungsi untuk melakukan pengawasan dan pemantauan. Baik di waktu siang maupun malam hari,” ucap Saud.

Sementara, narasumber di kegiatan tersebut, Adly Tama Hidayat Sembiring menjelaskan, sejumlah keluhan masyarakat terkait gangguan Kamtibmas akan menjadi peraturan sebagai suatu keharusan bagi pemerintah daerah Sumut. Aturan tersebut untuk menertibkan segala tindakan atau kegiatan masyarakat yang bertentangan dengan norma hukum, agama, kesusilaan dan kesopanan atau adat.

“Negara wajib melindungi masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan jauh dari ancaman di lingkungan masyarakat. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Tujuannya mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” katanya. (FAD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.