Sumut  

Tingkatkan Layanan Pasang Baru, PLN Launching Layanan Listrik Satu Pintu Plus di Sumatera Utara

MEDANHEADLINES.COM, Medan –  Semakin memanjakan pelanggan, PLN terus berinovasi dalam memudahkan layanan kepada pelanggan. Kali ini, PLN meluncurkan paket penyambungan baru Layanan Satu Pintu (LSP) Plus. Paket layanan ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan tegangan rendah (TR) dalam mendapatkan listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Dalam sambutan launching LSP Plus di Balai Agung Astakona (15/6) General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengatakan layanan LSP Plus merupakan sistem yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik atau Si Ujang Gatrik yang menyambungkan beberapa sistem terkait layanan ketenagalistrikan.

“Melalui layanan ini masyarakat dapat dengan mudah melakukan proses pembangunan instalasi, mendapatkan Nomor Identitas Instalasi (NIDI) hingga penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dalam proses permohonan pasang baru,” ungkap Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan inovasi yang dilakukan ini tidak terlepas dari kolaborasi antara PLN dengan asosiasi kontraktor listrik dalam memberikan kemudahan layanan kepada pelanggan di Sumatera Utara.

Beberapa tahapan sebelum layanan LSP Plus ini diluncurkan, PLN telah melakukan sosialisasi secara online kepada mitra kerja yang akan bergabung dalam layanan ini baik di tingkat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) hingga Unit Layanan Pelanggan (ULP) diseluruh unit kerja di Sumatera Utara sejak bulan April 2023. PLN juga membuka pendaftaran mitra kerja yang dilakukan pada bulan April hingga Mei 2023. Selanjutnya internalisasi proses bisnis secara offline pada bulan Mei 2023 dan launching LSP Plus pada tanggal 13 Juni 2023.

Awaluddin juga menambahkan mitra kerja yang telah bergabung dalam layanan LSP Plus ini sebanyak 37 Mitra Badan Pembangunan Dan Pemasangan (Bangsang), 64 Penanggung Jawab Teknik (PJT), 118 Tenaga Teknik (TT) dan 16 Lembaga Inspeksi Teknik (LIT).

Ketua Jasa Kelistrikan Indonesia Parnotiwa Nababan mengapresiasi langkah sigap PLN dalam menjawab kebutuhan masyarakat di Sumatera Utara. Ia siap mendukung dan membantu PLN dalam mempercepat proses permohonan pasang baru pelanggan.

“Apresiasi untuk PLN karena telah sigap dan tanggap atas keluhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di Sumatera Utara. Semoga kolaborasi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang semakin mudah kepada masyarakat dan dapat meningkatkan citra perusahaan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” kata Parnotiwa.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatangan komitmen bersama antara PLN dengan mitra kerja dan PT Haleyora Power dan disaksikan langsung oleh General Manager PLN UID Sumatera Utara. Turut juga hadir dalam acara launching layanan LSP Plus tersebut Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto dan Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti secara online.

Layanan LSP Plus merupakan salah satu komitmen PLN untuk meningkatkan customer experience dalam proses permohonan pasang baru agar lebih cepat. Peningkatan tersebut merupakan salah satu bagian dari transformasi PLN dalam memangkas proses bisnis sebelumnya menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi PLN Mobile pelanggan semakin dimanjakan dalam mengakses dan menikmati berbagai kemudahan layanan PLN hanya dalam satu genggaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.