Sumut  

Nawal Lubis Dorong Kreasi Kerajinan dari Berbagai Daerah

MEDANHEADLINES.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi peragaan busana wastra Nusantara dari berbagai perancang di Sumut, pada Pekan Inovasi dan Investasi Provinsi 2023 di Halaman Istana Maimun. Ia pun berharap agar pelaku UMKM bisa lebih berkreasi menghasilkan produk kriya unggulan.

“Jadi kita sudah lihat, bahwa model-model yang tampil tadi semua busana dipadu padankan dengan wastra dari Sumatera Utara. Dengan demikian, Dekranasda akan terus berinovasi dan mengangkat budaya, sekaligus memotivasi para pengrajin dan pelaku UMKM,” ujar Nawal Lubis saat menyaksikan peragaan busana wastra Nusantara, Kamis (25/5).

Nawal Lubis hadir bersama Ketua Bhayangkari Sumut Rita Panca Simanjuntak, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumut Dian Arief Trinugroho, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (PMPPTSP) Faisal Nasution, Direktur RSJ Prof Ildrem Ismail Lubis, serta sejumlah pejabat lainnya.

Berbagai kreasi busana ditampilkan dalam kegiatan yang berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (24-26/5) tersebut. Nawal Lubis pun terlihat antusias menyaksikan hasil kerja perancang busana menggunakan kain dengan corak tradisional dari Sumut atau dengan sebutan wastra. Termasuk juga rancangan busana yang ditampilkan oleh para pengurus DWP Sumut maupun OPD Pemprov.

Usai menyaksikan peragaan busana hingga selesai, Nawal pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya meyakini bahwa melalui Pekan Inovasi dan Investasi, akan mendorong peran Dekranasda Sumut guna mengembangkan dan memajukan hasil produk kreatif kriya dari berbagai daerah.

Dengan berbagai kreasi dan inovasi dari para pengrajin dan pelaku usaha, kata Nawal, maka Dekranasda akan bisa lebih mudah untuk mempromosikan hingga menjual produk-produk dari Sumut. Apalagi pembinaan mereka selama ini terus dilakukan. “Pembinaan dari kita (Dekranasda) terus dilakukan, untuk berbagai produk,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PMPPTSP Sumut Faisal Nasution mengatakan, bahwa kegiatan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut tahun ini mengangkat tema Peningkatan Hilirisasi Perkebunan dan Pemberdayaan Kemitraan UMKM sebagai Stimulus Perekonomian Sumut. Adapun para peserta yang mengisi pameran seperti OPD terkait, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMD, BUMN, Perbankan, Rumah Sakit dan perusahaan swasta.

“Ini dalam rangka mempromosikan produk strategis, menjadi wadah informasi terkait investasi. Kemudian memberikan ruang untuk mengingkatkan invovasi produk unggulan masing-masing sektor. Jadi ini merupakan media berbagi informasi,” sebut Faisal.

Ia juga mengatakan bahwa beberapa stan menampilkan produk inovatif seperti pupuk, alat pertanian dan lainnya. Bahkan dari kegiatan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut 2023 ini, banyak yang mendapat informasi baru dari seluruh sektor, untuk berkolaborasi di masa mendatang.

Usai peragaan busana, Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis bersama rombongan menyempatkan meninjau berbagai stan pameran produk unggulan dari para peserta kegaitan seperti Pemkab Toba, OPD dan sejumlah BUMD/BUMN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.