Sumut  

Buka Rakerda Dekransda Sumut, Nawal Lubis Ajak UMKM Manfaatkan Event Besar sebagai Ajang Promosi

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah di  Kabupaten/Kota untuk memanfaatkan event-event besar yang diselenggarakan di Sumut, sebagai ajang promosi produk wastra dan kerajinan tangan asli daerah.

Ajakan ini disampaikan Nawal Lubis saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekrnasda Sumut Tahun 2023 di AulaTengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (20/1).

“Sebentar lagi kita (Sumut) akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) dan event F1 Powerboat atau F1H20. Kita akan kedatangan tamu-tamu dari  seluruh Indonesia dan mancanegara, momen ini adalah kesempatan yang baik dan strategis, untuk mempromosikan wastra dan semua hasil produk dari pelaku UMKM se-Sumut,” kata Nawal Lubis.

Turut hadir pada Rakerda ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut  Mulyadi Simatupang yang juga Ketua Harian Dekransda Sumut, Wakil Ketua Harian Dekransda Sumut Dian Arief S Trinugroho, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang juga Ketua III HPN Sumut Faisal Arif Nasution,  serta jajaran Pengurus Dekranasda Sumut dan Kabupaten/Kota.

Menurut Nawal Lubis, salah satu tugas Dekranasda adalah membina para perajin, membantu pemasaran produk  dan juga mitra pemerintah dalam peningkatan kontribusi industri kerajinan untuk pembangunan nasional. Karenanya, diharapkan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota ikut memfasilitasi pelaku UMKM/IKM binaan untuk memanfaatkan event-event tersebut, sehingga diharapkan terjadi transaksi yang memberi manfaat bagi pelaku UMKM/IKM.

“Kita hadirkan karya-karya terbaik UMKM/IKM baik hasil Sumber Daya Alam (SDA) maupun warisan tradisi, sehingga mampu menarik pengunjung untuk mendekat, melihat, yang akhirnya diharapkan bisa melakukan transaksi,” harapnya.

Nawal juga berpesan kepada seluruh Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota untuk semakin meningkatkan kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholder, di tingkat lokal hingga nasional, guna mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan.

“Kita bangun kemitraan untuk membangun industri kerajinan dengan memanfaatkan teknologi digital,” jelasnya.

Ketua Harian Dekranasda Sumut  Mulyadi Simatupang mengatakan, Rakor ini diharapkan menjadi sarana komunikasi dan koordinasi Dekrnasda Kabupaten/Kota untuk pengembangan industri kerajinan di Sumut.

“Kita akan sinkronisasikan aksi program kerja baik Dekranasda Pusat, provinsi dan akan menjadi pedoman Dekransda Kabupaten/Kota menjalankan fungsi dan tugas Dekranasda,” katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.