Ungguli Anies dan Prabowo, Elektabilitas Ganjar Masih jadi Yang Tertinggi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara personal punya ikatan emosional yang baik dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). [Dok Pemprov Jateng]

MEDANHEADLINES.COM – Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, masih yang tertinggi dan mengungguli bakal calon lainnya pada pemilihan presiden 2024, seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melaporkan elektabilitas Ganjar mencapai 26,7 persen pada pertanyaan semi terbuka. Kemudian, Prabowo menyusul cukup jauh di bawahnya dengan 18,8 persen, Anies 17 persen, dan tokoh-tokoh lain di bawah empat persen.

“Bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, ada tiga nama yang mendapat dukungan paling signifikan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah,” Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan, dilansir dari Warta Ekonomi pada Senin (28/11).

Lebih lanjut, dalam simulasi empat nama, Ganjar tetap unggul dari nama lainnya dan meraih hingga 33,5 persen dukungan. Sementara itu, Prabowo (26,9 persen), Anies (24 persen), dan Puan Maharani (3,4 persen) menyusul di posisi berikutnya.

Ganjar pun masih berada di puncak dalam simulasi tiga nama yang juga digelar. Ia mendapatkan 33,5 persen dukungan, lebih tinggi dari Prabowo (30 persen) dan Anies (25,1 persen).

Menurut Deni, berdasarkan tren yang kini ada, terdapat kemungkinan elektabilitas Ganjar akan terus naik menjelang pilpres 2024.

“Dengan tingkat penerimaan yang positif, elektabilitas Ganjar diperkirakan masih akan terus mengalami kemajuan seiring kenaikan awareness pemilih kepadanya,” kata Deni.

Survei SMRC ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi dipilih secara random (stratified multistage random sampling) dan melibatkan sebanyak 1.220 responden.

Response rate survei ini sebesar 1012 atau 83 persen. Sementara itu, margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.