Kalah Dari Maroko, Suporter Belgia Bikin Rusuh di Pusat Kota Brussel

Sebuah skuter yang dibakar dalam kerusuhan di kota Brussel usai Belgia dikalahkan Maroko di laga Piala Dunia 2022. (Kenzo TRIBOUILLARD / AFP)

MEDANHEADLINES.COM – Pendukung Belgia melakukan kerusuhan di jalanan setelah tim mereka kalah telak atas Maroko di gelaran Piala Dunia 2022 pada Minggu (27/11/2022) . Singa Atlas berhasil menerkam Red Devils dengan skor 2-0 tanpa balasan. Maroko memenangkan pertandingan laga Grup F itu berkat gol apik yang diciptakan oleh Romain Saiss di menit ke-73 dan Zakaria Aboukhlal pada menit-menit terakhir pertandingan di Stadion Al Thumama.

Suporter Belgia yang tak terima atas kemenangan rivalnya itu, turun ke jalan di pusat kota Brussel, ibu kota Belgia dan mengamuk sejadi-jadinya. Melalui rekaman video yang tersebar di jejaring media sosial, para penggemar yang murka itu tampak kesal sambil membalikkan mobil, menghancurkan jendela, hingga menyalakan api di tengah jalan dan membakar kendaraan. Mereka juga melemparkan kembang api dan batu bata ke arah lalu lintas yang sangat membahayakan pengguna jalan.

Laporan dari Mirror menyatakan bahwa, polisi setempat terpaksa mengerahkan semprotan air dan gas air mata ke arah massa yang kondisinya semakin kacau untuk sedikit meredam situasi .

Walikota Brussel, Philippe Close memberikan pernyataan dengan mengutuk keras aksi tersebut, ia juga meminta agar warganya menjauhi daerah-daerah tertentu di pusat kota.

“Saya mengutuk keras insiden yang terjadi sore ini. Polisi sudah bertindak keras. Jadi saya menyarankan pendukung untuk tidak datang ke pusat kota. Polisi melakukan segala yang mereka bisa untuk menjaga ketertiban umum,” kata Philippe Close dilansir dari Mirror (28/11/2022).

Terdapat setidaknya 100 personel polisi anti huru-hara yang dikerahkan ke tempat kerusuhan untuk mengendalikan kekacauan akibat ulah oknum suporter tak bertanggung jawab. Mirror melaporkan bahwa tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ditemukan ada satu orang yang terluka di bagian wajahnya.

“Polisi mulai bergerak setelah seseorang dilaporkan menderita luka di wajahnya,” ujar juru bicara polisi Belgia.

Maroko yang bermain dengan sangat baik pada hari itu seakan tidak memberikan peluang lolos bagi Belgia menuju 16 besar Piala Dunia 2022.

Belgia akan tampil di pertandingan terakhirnya pada laga Grup F dengan melawan Kroasia di hari Kamis, 1 Desember 2022.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.