Manajemen Patiseri Poltekpar Medan gelar Pastry Display sebagai Realisasi Kreatifitas dan Pembelajaran

Manajemen Patiseri Poltekpar Medan gelar Pastry Display sebagai Realisasi Kreatifitas dan Pembelajaran

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Berbicara soal daya tarik wisata, kuliner jadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari daftar destinasi. Tiap di Indonesia dan luar negeri mempunyai kuliner khas yang selalu menarik buat dicicipi. Besarnya potensi daya tarik wisata kuliner ini menjadi tantangan untuk Poltekpar Medan dalam mendidik dan membentuk sdm pariwisata khususnya dalam bidang patiseri dalam mengkreasikan aneka jenis roti dan cemilan.

Salah satu wadah bagi mahasiswa Manajemen Patiseri adalah Pastry Display yangdiilaksanakan oleh mahasiswa semester 5. Tahun 2022 ini Pastry Display mengusung tema “Softness and Luxury of Classical Pastry World” yang berlangsung di Hotel Achmad Tahir, Medan, Kamis 24 November 2022.

“Kegiatan ini menonjolkan skill mereka di voaksional MPi dalam mewujudkan kompetensi sebagai mahasiswa MPI khusunya dalam bidang pembuatan roti dan kue, dari menentukan jenis, membuat, sampai presentasi melalui pastry display ini,” kata Rama Indra Kepala Program Studi Manjemen Patiseri.

“Tema Softness and Luxury of Classical Pastry World dipilih karena asal muasal dari pastry adalah Italia dan Prancis. Kemudian pastry menyebar luas kemudian beralkulturasi dengan budaya setempat”, tambahnya.

Pastry Display’ merupakan salah satu realisasi pembelajaran teori, praktik dan pengalaman mahasiswa setelah sebelumnya mereka kuliah dan melakukan praktik kerja nyata. Pastry Display ini merupakan media pembelajaran untuk mahasiswa dalam menunjukkan skill yang mereka miliki, attitude dalam memberikan ide dan kreatifitas serta pengetahuan yang mereka miliki dalam bidang patiseri.

“Pada awalnya kami menentukan terlebih dahulu kue apa saja yang akan dibuat, resep dan bagaimana cara membuatnya. Kemudian bagaimana mengemas kue tersebut agar terlihat menarik. Bagian terakhir adalah kami harus membuat display kue-kue dengan kreatif” kata Fito ketua Pastry Display tahun 2022.

Suksesnya acara ini akan memberikan inspirasi bagi mahasiswa middle dan basic untuk tahun berikutnya. Hal ini akan menjadi motivasi bagi para mahasiswa yang lain untuk terus berkarya dan memberikan ide kreatif selama proses pembelajaran mereka di kampus.
Kegiatan pastry display adalah salah satu unsur praktik setelah belajar teori dan akan menjadikan ilmu yang didapatkan mahasiswa selama kuliah menjadi sempurna. Pastry Display ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan lebih banyak bagi para mahasiswa. Selain itu juga menjadi realisasi dari pengalaman mereka saat melakukan praktik kerja nyata.

Menurut Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Medan Bapak Dr. Ngatemin S.Pd, M.Si, Poltekpar Medan harus menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang mumpuni untuk mendukung Pengembangan Kawasan Pariwisata, terutama Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Dalam kegiatan ini hadir Chef Tubagus dari Hotel Le Polonia yang akan mengevaluasi hasil karya mahasiswa. Orang tua mahasiswa turut diundang untuk dapat melihat langsung hasil pembelajaran anak-anak mereka di kampus. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.