Seluruh Biaya Perawatan Korban Tragedi Kanjuruhan Ditanggung Pemerintah, Termasuk Trauma Healing dan Santunan 

tangkapan layar video penonton terjebak di pintu keluar Stadion Kanjuruhan. [Instagram] 

 

MEDANHEADLINES.COM – Pemerintah memastikan akan menanggung seluruh biaya perawatan korban tragedi di Stadion Kanjuruhan. Hal itu setelah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menggelar rapat di kantornya di Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). 

Mahfud mengatakan instruksi itu disampaikan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi diminta untuk tidak mempersoalkan biaya terlebih dahulu ketika melayani para korban. 

“Menteri kesehatan diminta melakukan atau memberikan pelayanan kesehatan dengan tidak dulu mempersoalkan biaya,” kata Mahfud dalam konferensi persnya, Senin (3/10/2022). 

Mahfud menuturkan kalau seluruh biaya perawatan para korban akan ditanggung oleh pemerintah termasuk pemulihan trauma. 

“Biar negara yang ngurus seluruh perawatan bagi yang sakit, yang masih dirawat dan sebagainya perlu obat ini obat itu, perlu rumah sakit ini, rumah sakit itu, supaya dilakukan dengan baik termasuk di dalamnya trauma healing,” jelasnya. 

Kemudian, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menerangkan bahwa pemerintah bakal segera menyusun perihal santunan sosial bagi korban meninggal dunia. Penyusunan itu, disebut Mahfud, akan rampung dalam dua hari ke depan. 

“Pemerintah juga akan segera menyusunkan santunan sosial yang nanti akan dilakukan dalam satu atau dua hari ke depan tentang bentuk dan segala macam jenisnya,” imbuhnya (Red/suara.com) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.